Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAN 1 NUBATUKAN GELAR SEMINAR PTK



Lembata, CAKRAWALANTT.COM SMAN 1 Nubatukan menggelar Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Selasa (27/4/2021). Seminar ini menghadirkan guru Agama Katolik dan Budi Pekerti, Marselinus Aluken, S.Ag., sebagai pemateri.


Plt. Kepala SMAN 1 Nubatukan, Caletus Laba S.Pd., dalam sambutannya mengatakan, seminar tersebut merupakan pengembangan diri dalam PTK interen dan eksternal. Metode PTK, lanjut Caletus, menjadi metafisik dan logika dalam proses pola belajar dan strategi mengubah prilaku anak.

 

Di sini PTK merupakan karya logika pedagogik dari seorang guru mapel yang mengenal kemampuan anak,” ungkapnya.

 

Marselinus Aluken tampil dengan PTK berjudul “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tentang Panggilan Hidup Melalui Penerapan Metode Mid Mapping bagi Siswa Kelas XII Bahasa 2 SMA Negeri 1 Nubatukan Tahun Pelajaran 2020/2021”.

 

Dlam pemaparannya, Marselinus mengatakan bahwa pada tahun pelajaran 2019 sampai 2021 ini banyak cara yang diupayakan setiap guru mapel untuk memberikan cara belajar kepada setiap siswa. Ada yang dengan cara kelompok, ada yang dengan cara daring dan yang dilakukan dirinya sebagai guru PAK dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode Mid Mapping atau mencari ketenangan batin setiap siswa untuk merumuskan tentang panggilan hidup sebagai manusia.

  

Tampil sebagai moderator yakni, Condradus Laba, S.Ag. Dalam catatan penutupnya, Condradus yang juga Wakasek Kurikulum SMAN 1 Nubatukan mengajak guru-guru PNS untuk tetap berpacu dalam melakukan PTK sebagai syarat kenaikan pangkat.

 

“Melalui seminar hari ini mungkin membuka kerja sama yang baik sebagai prasyarat kenaikan pangkat. Tadi kita simak Marselinus Aluken sudah memaparkan PTK-nya namun beliau juga seorang penulis buku. Sudah banyak buku yang ditulis oleh Pak Guru Marselinus dan buku yang sudah berlabel ISBN dan saat ini sudah dipakai dan ada sebagian sudah beredar di tengah pembaca dan juga ada tersimpan di perpustakaan SMAN 1 Nubatukan. Karya buku ini juga sebagai satu langkah untuk kenaikan pangkat, artinya guru yang profesional yaitu guru yang selalu berinovasi atau harus kreatif menguji IQ, SQ dan EQ untuk kepentingan publikasi,pungkasnya

 

Pantauan media, Seminar PTK yang berlangsung di aula SMAN 1 Nubatukan ini dihadiri 47 orang perserta terdiri dari guru dan pegawai SMAN 1 Nubatukan, juga guru-guru yang tergabung dalam wadah MGMP Pendidikan Agama Katolik dari sekolah terdekat seperti SMAN 2 Nubatukan dan SMAS St. Yakobus Rasul Lamahora.

 

Berita dan Foto: Rofinus R. Roning

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments