Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LPPA BERI DUKUNGAN PSIKOSOSIAL BAGI ANAK-ANAK KORBAN BENCANA DI MALAKA



Malaka, CAKRAWALANTT.COM – Lembaga Pengembangan dan Perlindungan Anak (LPPA) memberikan dukungan psikososial bagi anak-anak korban bencana banjir di Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Selasa (13/4/ 2021). Aktivis Anak binaan LPPA yang berpartisipasi datang dari berbagai komunitas yakni Komunitas Lopo Cerdas, Komunitas Fasilitator Pengasuhan Positif, dan Komunitas Voice Now (komunitas orang muda yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu anak dan perempuan).

 

Dalam siaran pers yang diterima redaksi disebutkan, hasil open donation yang dilakukan oleh para Aktivis Anak dan diberikan pada kesempatan tersebut yakni 420 helai pakaian layak pakai, 300 buah buku tulis, 120 buah ballpoint dan dua dos makanan ringan berupa biskuit, 64 susu kotak dan 4 dos air mineral.

 

Selain itu, para aktivis anak melakukan kegiatan baik bersama anak-anak maupun bersama orang tua. Kegiatan bersama anak yakni menyanyi bersama, mendongeng, membaca buku, mewarnai dan lomba makan kerupuk.

 

Salah satu peserta anak yang ikut kegiatan, Alvin mengatakan, “Saya senang bermain dan bernyanyi dengan kakak-kakak. Mereka ada banyak permainan dan tepuk tangan yang kreatif.”

 

Alvin menambahkan, “Setiap hari setelah pulang dari posko pengungsian, saya hanya bantu bapa kasih bersih rumah, banyak lumpur dalam rumah, ada teman-teman lain yang rasa gatal-gatal di kaki dengan tangan.”

 

Sementara itu kegiatan dengan orang dewasa yakni sharing para orang tua bersama Fasilitator Pengasuhan Positif. Dalam sharing tersebut, fasilitator membantu para peserta untuk mampu mengungkapkan apa yang mereka rasakan selama dan sesudah bencana. Di akhir sesi, fasilitator memberikan penguatan kepada para orang tua supaya mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi pasva-bencana banjir.

 


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua BPD Desa Motaain, Alberto Martins. Dirinya memberikan apresiasi yang besar karena telah menyapa anak-anak yang sudah lama tidak sekolah dan terkena dampak banjir.

 

“Saya atas nama Pemerintah Desa Motaain sangat berterima kasih kepada bapak ibu utusan dari LSM LPPA. Selama ini anak-anak kami hanya bermain dan membantu kami membersihkan rumah yang penuh dengan lumpur, tetapi hari ini kami senang, anak-anak bisa menyanyi dan belajar dengan bapak-ibu. Jujur, kami belum dapat bantuan seperti ini. Terima kasih untuk perhatian dari bapak ibu semua, kalau bisa, tetap datang kunjung anak-anak kami, jangan berpikir datang harus bawa bantuan barang, datang kunjung kami begini saja kami sudah senang. Apa lagi datang dan ajar kami punya anak-anak,” ungkapnya.

 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ardy Manekat, Staf Perlindungan Anak LPPA.  Menurutnya, kegiatan hari ini bertujuan untuk memberikan dukungan psikososial bagi korban bencana banjir di Malaka khususnya anak-anak dan orang tua di desa Motaain.

 

“Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh aktivis PATBM Desa Kamanasa yang sudah membuat komitmen untuk melakukan kunjungan secara regular di Desa Motaain untuk melakukan kegiatan bersama orang tua dan anak. Harapanya kegiatan ini bisa membantu anak-anak dan orang tua untuk mengurangi beban emosi paska bencana dan memberikan semangat baru bagi mereka dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah ikutan lainya pasca-bencana,” tuturnya.

 

 

Penulis: Ardy Manekat

Foto: Dokumentasi LPPA

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments