Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KEMENAG KOTA KUPANG GELAR PELATIHAN PENILAIAN BERBASIS HOTS



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Kementerian Agama Kota Kupang melalui Balai Diklat Keagamaan Denpasar menggelar Pelatihan Penilaian Berbasis HOTS Angkatan IV Tahun 2021, Senin (22/03/2021), bertempat di Asrama Haji, Kota Kupang. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari guru SMP, SMA, SMK, MTs dan MA dalam lingkup Kemenag Kota Kupang, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Kupang, Yakobus Beda Kleden.

 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelengara, Deddy Nur Prasetya, S.T., M.AP., menyampaikan bahwa ada empat tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu pertama, meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan para guru agar semakin profesional sesuai dengan tuntutan Kementerian Agama. Kedua, menciptakan guru agama yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, memantapkan orientasi sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan. Keempat, menciptakan guru yang berkualitas, profesional, berintergrasi dan bertanggung jawab.

 

Guru Agama: Tukang Taman

 

Yakobus Beda Kleden dalam pembahasannya mengungkapkan bahwa guru agama itu berperan sebagai tukang taman yang menyemai benih moderasi beragama dan persaudaraan kemanusiaan untuk mencegah tersebarnya paham keagamaan yang radikal dan ekstrem di tengah masyarakat.

 

Lebih jauh, lulusan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero ini menuturkan bahwa agama harusnya membawa manusia kepada keselamatan bukan kepada kematian. Oleh karena itu, perilaku yang mencerminkan kebaikan dan cinta kasih harus senantiasa dikedepankan dan bukan sebaliknya.

 

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa para guru lulusan pelatihan penilaian berbasis HOTS ini akan menjadi mitra Kementerian Agama untuk membagi ilmu yang telah diperoleh kepada para guru agama di lingkup kementerian Agama Kota Kupang

 

Kegiatan Pelatihan Penilaian Berbasis HOTS ini akan dilaksanakan secara offline dan online. Kegiatan offline digelar Senin (22/03/2021) hingga Sabtu (27/03/2021). Sedangkan kegiatan online akan dilaksanakan Senin (29/03/2021) hingga Sabtu (03/04/2021).

 

Berita dan Foto: Ino Loe

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments