Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KADIS PK NTT: TIDAK ADA LULUS 100% KARENA COVID


Lembata, CAKRAWALANTT.COM
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., menegaskan, tidak ada kata 100% bagi sekolah untuk meluluskan peserta didik dengan alasan pandemi Covid-19. Hal ini disampaikannya dalam kunjungan kerja di SMAN 1 Ile Ape Timur, Kamis (11/03/2021).

 

Ingat, bapak dan ibu kepala sekolah, kelulusan itu tidak gampang atau harganya murah. Itu tidak. Selama ini BDR dan cara berlajar yang efektif itu harus ada pasang target supaya anak-anak kita harus tetap semangat belajar. Kita sebagai guru pasti sudah memiliki metode belajar yang baik dan cerdas, tegasnya.

 

Lebih lanjut dirinya meminta pihak sekolah untuk tetap memperhatikan ketuntasan belajar peserta didik. Kelulusan itu, tetasnya, tidak mudah, harus melalui proses yang panjang walaupun saat ini dua kecamatan di Ile Ape dilanda dua bencana nasional yakni Corona dan Erupsi Gunung Ile Lewotolok.

 

“Kelulusan bukan menggratiskan atau menggampangkan siswa, dan naik kelas begitu saja. Tetapi, tahapan proses pembelajaran dari  122 siswa di SMAN I Ile Ape timur ini, BDR, benar-benar terencana dan terukur sehingga tidak ada kata lulus saja karena corona ataukah karena Erupsi Gunung Ile Lewotolok, ungkapnya.

 

Ia melanjutkan, “Siswa tidak diperbolehkan lulus kalau kompetensi siswa dan siswi  SMAN 1 Ile Ape Timur tidak memenuhi. Sama persis juga dengan naik kelas, kita harus betul-betul teruji di masa-masa sulit itu. Sehingga mudah-mudahan menjadi acuan, ketegasan dari kepala sekolah dan juga guru-guru mata pelajaran setiap program. Kalau anak tidak bisa, ya, katakan tidak bisa. Itu jauh lebih bagus sehingga menjadi pembelajaran bagi sekolah-sekolah lain.”

 

Pantauan media, Kadis kehadiran Kadis PK NTT disambut Kepala SMAN 1 Ile Ape Timur, Patricia Menge, S.Pd, bersama segenap warga sekolah. Selain di SMAN 1 Ile Ape Timur, Kadis Linus Lusi juga melakukan kunjungan kerja ke SMKN I Ile Ape, SMAN 1 Ile Ape, SMPS Ampera, SMAS Ile Ape, dan SMPN Satap Ile Ape.

 

Berita dan Foto: Rofinus R. Roning

Editor: R. Fahik/ red 

Post a Comment

0 Comments