Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GUBERNUR NTT: LULUSAN SMK HARUS CIPTAKAN LAPANGAN KERJA

 


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, meminta para kepala SMK agar mampu mempersiapkan peserta didik dengan baik sehingga ketika tamat nanti tidak mencari lapangan pekerjaan. Lulusan SMK, tegas Viktor, harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.

 

Hal ini disampaikan Gubernur Viktor dalam kunjungan kerjanya di SMK Negeri 1 Soe, Selasa (23/03/2021). Menurutnya, SMK memiliki banyak kompetensi keahlian namun yang harus diperhatikan yakni, agar sarana dan prasarananya disiapkan dengan baik.

 

Pada tahun pertama dan kedua, lanjut Viktor, peserta didik belajar di dalam kelas, dan di tahun ketiga harus berada di tengah masyarakat dengan berbagai kompetensi keahlian yang ada. Karena itu yang harus dibangun yakni “skill” peserta didik.


 

“Selain mengasah skill para peserta didik, juga harus membangun karakter yang baik, karena prinsip dari pendidikan bahwa out put itu orang yang berkelakuan baik dan orang berketerampilan baik. Karena itu ada dua jenis karakter manusia yang paling kita takutkan yaitu manusia pintar dan rakus. Ini bahaya, jadi sekolah harus siapkan agar pintar tetapi tidak rakus. Kedua, manusia bodoh dan rajin, ini juga bahaya, karena saking rajinnya sehingga apa yang dikerjakan salah semua sehingga menyulitkan kita lagi. Jadi, inilah tugas lembaga pendidikan untuk membangun karakter-karakter yang cukup bagus untuk membangun NTT ke depannya,” ungkap Viktor.

 

KBM Tatap Muka Akan Dimulai Mei 2021

 

Pada kesempatan itu Gubernur Viktor juga menyampaikan bahwa proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka sudah bisa dilaksanakan pada awal bulan Mei 2021. “Bulan Mei ini kita belajar secara tatap muka, karena hampir dipastikan bahwa seluruh sumber daya yang berhubungan langsung dengan publik sudah divaksin dua kali. Karena itu kita sudah bisa lakukan KBM secara tatap muka pada bulan Mei,” tuturnya.


 

Terkait hal tersebut, dirinya meminta Bupati TTS agar tetap memperhatikan alat-alat kesehatan yang dapat membantu penanganan Covid-19. Rumah Sakit harus dipastikan ada oksigen, ada ruang untuk tekanan negatif, lalu persiapkan obat yang bagus, tegasnya.

 

“Karena itu di bulan Mei kita akan melaksanakan segala sesuatu dengan normal, baik itu sekolah, kantor dan lainnya, kecuali dengan tiba-tiba ada kenaikan angka positif Covid -19 yang begitu signifikan baru kita evaluasi,” ungkapnya.

 

Pantauan media, dalam kunjungan kerja ini Gubernur Vintor didampingi para Staf Khusus di antaranya Prof. Daniel Kameo, Dr. Imanuel Blegur, Dr. David Pandie, Dr. Thony Djogo, Anwar Pua Geno, Flory Mekeng, dan Bartol badar. Hadir pula Kadis Pedndidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Linus Lusi, Kadis Pertanian Lecky F. Koli, Plt. Kadis Peternakan Yohana Lisapaly, Karo Humas dan Protokol, Dr. Marius Ardu Jelamu.

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments