Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

ROMO YUDEL NENO: MEMBANGUN LITERASI ADALAH TUGAS PEWARTAAN


Malaka, CAKRAWALANTT.COM
Ketua terpilih Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Malaka periode 2021 - 2026, Rm. Yudel Neno, Pr., mengungkapkan bahwa membangun budaya literasi adalah salah satu tugas pewartaan. Hal ini disampaikannya ketika dihubungi media ini, Selasa (23/02/2021). Imam Projo Keuskupan Atambua yang kini berkarya di Paroki Sta. Maria Fatima Betun ini menjelaskan, setelah terpilih menjadi Ketua FTBM Kabupaten Malaka, budaya literasi akan dikembangkan demi kecakapan masyarakat untuk kemajuan Kabupaten Malaka.

 

“Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua FTBM Kabupaten malaka dilaksanakan pada Selasa (16/02/2021) dengan Ketua yakni Rm. Yudel Neno, Pr., dan Putra Niron sebagai Wakil Ketua. Pelantikan belum dilakukan namun masih dalam proses penyusunan stuktur kepengurusan yakni bidang-bidangnya dengan merekrut anggota sehingga program-program belum disusun. Namun untuk langkah awal yang dilakukan yakni fokus untuk pelantikan lalu sosialisasi forum baik luring maupun daring akan kita lakukan,ungkapnya.

 

Romo Yudel mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang saat terpilih sebagai Ketua FTBM Kabupaten Malaka. Menurutnya, FTBM Kabupaten Malaka akan menjadi wadah untuk menghidupkan budaya literasi khususunya di kalangan generasi muda.

 

Dirinya berharap FTBM Kabupaten Malaka boleh mendapat dukungan dari semua pihak untuk dapat bekerja sama. Dengan demikian dapat membuka peluang dalam menanamkan semangat literasi terutama anak muda di Kabupaten Malaka.

 


“Harapan saya yakni dukungan dari semua pihak baik pemerintah yang mencakup eksekutif dan legislatif juga dengan pihak lainnya yakni kepala dinas terkait, kepala sekolah, yayasan. Kita berharap dapat bekerja sama sehingga dapat membuka peluang untuk organisasi ini bisa menanamkan semangat literasi terutama untuk anak-anak muda,harapnya.

 

Ia menambahkan bahwa arti literasi lebih kepada kecakapan hidup yang menuntun manusia dalam bersikap dan bertindak yang baik. Dengan melihat kehidupan kebanyakan anak muda Kabupaten Malaka yang mentalnya belum ditata dengan baik sehingga dengan adanya konsep literasi dapat mengajak anak muda untuk beriskusi tentang hal yang membangun.

 

“Memang kalau kita liat arti literasi itu hanya sebagai membaca dan menulis, berbicara itu memang sudah banyak dilakukan. Tapi kalau kita melihat arti literasi sebagai arti kecakapan hidup yang bisa menuntun orang dalam etis bersikap-bertindak. Selama ini saya perhatikan masih banyak terjadi kekurangan karena kebanyakan mental anak muda di sini belum tertata dengan baik. Masih begitu banyak praktik miras dan kenakalan yang merupakan efek dari minimnya pendidikan dan alangkah baiknya teman-teman sebaya itulah yang akan menjadi pendidik untuk mereka. Dengan begitu kita membangun konsep literasi taman bacaan dengan duduk santai sambil berdiskusi serta bisa membicarakan sesuatu hal yang serius,urainya.

 

Tugas Pewartaan

 

Terkait karyanya sebagai seorang pastor, Romo Yudel mengatakan bahwa hal tersebut saa sekali tidak bertentangan dengan posisinya sebagai Ketua FTBM Kabupaten Malaka. Ia malah meyakini bahwa keduanya merupakan tugas pewartaan, baik sembagai imam maupun sebagai penggerak budaya literasi.


 

“Sebagai imam, salah satu tugas adalah pewartaan. Jadi saya melihat jabatan yang saya duduki dalam forum ini sebagai peluang untuk melakukan pewartaan untuk semua masyarakat Kabupaten Malaka. Lalu kaitannya dengan Romo Kris di Belu dapat memudahkan sebagai mitra kerja dengan teman-teman di FTBM Kabupaten Belu untuk bekerja sama,” ungkapnya.

 

Romo Yudel menambahkan, “Mengakhiri pembicaraan ini saya senang sekali malam itu dalam pertemuan minggu malam anggota forum yang hadir dan saya berkata walaupun sedikit, namun kita lakukan dengan luar biasa dan melakukan apapun demi kemajuan Kabupaten Malaka dari pada tidak melakukan apapun. Dan jangan takut, jangan cemas karena Tuhan berkenan kepada mereka semua yang berkehendak berbuat baik. Dan jika sesuatu dilakukan dengan baik, dengan cara yang baik, pasti hasilnya akan baik pula.

 

Bagi Bapak/Ibu, Saudara/i baik di Kabupaten Malaka maupun di luar Kabupaten Malaka yang ingin memberikan dukungan bagi FTBM Kabupaten Malaka khususnya lewat jalur donasi buku, dapat menghubungi nomor kontak Romo Yudel Neno: 081353762215 (Ketua) dan Putra Niron: 081337327194 (Wakil Ketua).

 

Berita: Lonnie Bunga

Foto: Dokumentasi Redaksi

Editor: R. Fahik/red 

Post a comment

0 Comments