Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

“RELASI COMMUNITY” SABU RAIJUA BENTUK TBM HINGGA KE DUSUN-DUSUN


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM –
Komunitas “RELawan berbAgi inspiraSI” (Relasi Community) Sabu Raijua berkolaborasi bersama Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sabu Raijua mencanangkan Pembentukan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) hingga ke dusun-dusun. Dalam program tersebut, “Relasi Community” selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, mulai dari Sosialisasi, Perekrutan Relawan Taman Bacaan,  sumbangan buku-buku sampai pada proses pendampingan.

 

Demikian diungkapkan Ketua Umum “Relasi Community” Sabu Raijua, Adolfus Parera dalam keterangan pers yang diterima media ini, Senin (22/2/2021). Bung Echonk – sapaan akrabnya, mengatakan bahwa program tersebut lahir dari kondisi pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Pemerintah pusat maupun daerah fokus melawan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dunia pendidikan mengalami dampak dari bencana ini dengan menghentikan aktivitas di sekolah dan mewajibkan para pelajar belajar dari rumah (BDR). Orang tua diwajibkan untuk mendampingi anak-anak untuk proses pembelajaran bahkan harus mendampingi anak-anak mengerjakan tugas dari Sekolah.


 

Melihat kondisi tersebut, “Relasi Community” Sabu Raijua terus mencanangkan gerakan literasi termasuk dengan membentuk Taman Bacaan. Hingga saat ini, ungkap Bung Echonk, “Relasi Community” Sabu Raijua telah memiliki 33 Taman Bacaan yang tersebar di Kabupaten Sabu Raijua. Pihaknya berniat agar setiap dusun memiliki 1 Taman Bacaan guna menumbuhkembangkan minat baca dan juga Sumber Daya Manusia di Kabupaten Sabu Raijua.

 

“Tentunya dalam menjalankan misi mulia ini, kami tetap mengaharapkan dukungan pemerintah pusat melalui program donasi buku, pemerintah daerah, Forum Taman Bacaan Masyarakat dan juga para donatur untuk dapat memberikan atau mendonasikan buku-buku bacaan, alat tulis menulis ataupun alat peraga kepada kami, sehingga program pembentukan Taman Bacaan di setiap dusun ini bisa terealisasi,” jelas Bung Echonk, yang juga Wakil Ketua FTBM Provinsi NTT.

 

Donasi Buku

 

Ia mengakui, selama melakukan Gerakan Literasi, pihaknya sangat bersyukur karena bisa mendapatkan bantuan donasi buku dari berbagai pihak seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Informasi dan Komunikasi, Bapak Emanuel Melkiades Laka Lena (Anggota DPR RI), Bapak Angelius Wake Kako (Anggota DPD RI), Pustaka Bergerak Indonesia, Gerakan Katakan dengan Buku, serta sumbangan-sumbangan buku dari donatur lainnya.

 

“Dalam berbagai kegiatan, tentunya protokoler kesehatan menjadi hal yang utama yang harus kami jalankan, bahkan dalam setiap kegiatan di Taman Bacaan kami selalu meminta kepada rekan-rekan relawan untuk tetap menjalankan kegiatan belajar di Taman Bacaan dengan mengikuti protokoler kesehatan,” tuturnya.


 

Bagi pihak-pihak yang hendak mendukung “Relasi Community” Sabu Raijua, khususnya melalui donasi buku, buku-buku tersebut dapat dikirim ke Basecamp “Relasi Community”,  Jln. Eltari, RT.04/ RW.08, Dusun 2, Desa Roboaba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua. Kode Pos: 85391. Buku dapat juga dikirim ke Alamat: Komplek Perumahan Dinas Bandar Udara Tardamu Sabu, Jln. Eltari, RT. 011/RW.006, Kelurahan Mebba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kode Pos. 85391. Kontak pribadi: 0823-3969-2211 (Adolfus Parera).

 

Berita dan Foto: Keterangan Pers “Relasi Community” Sabu Raijua

Editor: R. Fahik/red 

Post a Comment

0 Comments