Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

FTBM BELU SIAP LUNCURKAN AGENDA TAHUNAN


Belu, CARAWALANTT.COM –
Setelah resmi dibentuk awal 2021 lalu, Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Belu, siap meluncurkan program dan agenda tahunan. Hal ini disampaikan Ketua FTBM Kabupaten Belu, Rm. Kristianus Fallo, Pr., ketika dihubungi, Senin (15/02/2021). Dirinya menjelaskan bahwa agenda awal dimulai dengan penyusunan program setelah melakukan diskusi dengan tiap bidang dalam kepengurusan FTBM. Dalam diskusi tersebut dihasilkan beberapa agenda tahunan dan target yang akan dicapai.

 

“Program sudah dimulai, sudah diskusikan di grup WA. Kegiatan yang pertama adalah pelantikan. Setelah pelantikan dilanjutkan dengan penyusunan program yang berkoordinasi dengan bidang-bidang kepengurusan dan kita sudah sepakat sehingga ada agenda-agenda yang akan kita jalankan. Pertama, Sosialisasi diri. Untuk pemerintah dan dinas-dinas terkait yakni dinas pendidikan dan kebudayaan dan dinas perpustakaan yang kemarin kita sudah berkunjung kesana. Selain di dinas kita juga lewat media online seperti FB dan IG,” ungkapnya.

 

Ia melanjutkan, “Kedua, open donasi buku. Mulai dibuka penerimaan buku oleh donatur dan akan kita tampung, disortir dan akan dibagikan ke kelompok-kelompok TBM yang sudah ada dan kelompok yang dimaksud sudah berjumlah 30an kelompok yang sudah masuk dalam list kita. Ketiga, penyebaran data. Untuk didata kelompok pegiat literasi yang selama ini sudah bergerak secara inisiatif sendiri. Yang akan didaftar dan dijadikan bagian dari kita. Keempat, koordinasi untuk membuat FTBM tiap kecamatan 1 Untuk kabupaten belu akan dibentuk 1 FTBM per kecamatan. Kelima, event FTBM untuk Kabupaten Belu. Event akan dibuat setelah terbentuknya FTBM kecamatan, akan dikunjungi dengan kegiatan masing-masing dan akan dibuatkan eventt untuk bisa menghimpun semua TBM yang ada di Kabupaten Belu. Keenam, kerja sama dengan FTBM Provinsi. Agenda FTBM Provinsi tahun ini akan diadakan Festival Literasi di perbatasan sehingga nanti kita akan berkoordinasi untuk menyukseskan kegiatan ini. Jadi itu merupakan agenda dan target untuk tahun ini,” urainya.


 

Romo Kris menambahkan bahwa ada program yang dikhususkan untuk FTBM Kabupaten Belu yakni Literasi Wisata dengan membuat buku yang akan menjadi panduan wisata dalam hal memperkenalkan wisata Kabupaten Belu agar lebih dikenal.

 

“Program khusus untuk FTBM kabupaten belu adalah literasi pariwisata. Kita mau menulis tentang destinasi wisata yang ada di Kabupaten Belu. Misalkan tempat wisata Fulan Fehan, air terjun Mauhalek, bendungan Rotiklot, itu nanti kita mau cari tau terkait tempat tersebut, baik jarak tempuh, ada apa di sana dan kita akan bukukan yang nantinya akan menjadi panduan untuk wisata Belu,” jelasnya.

 

Donasi Buku

 

Untuk program donasi buku, jelas Romo Kris, FTBM Kabupaten Belu akan mengumpulkan buku dari donatur kemudian disortir dan akan dibagikan. Pihaknya membuka hati bagi para donatur yang ingin mendonasikan bukunya ke FTBM.

 

“Donasi juga sudah berjalan, kemarin saya pribadi sudah mulai mendonasikan buku. Namun untuk penerimaan donasi untuk FTBM sendiri belum. Karena ada banyak orang tua yang ingin mendonasikan buku pembelajaran sehingga sudah diputuskan saat rapat bersama bahwa kita akan open secara resmi penerimaan donasi,” tuturnya.


 

Ia melanjutkan, FTBM Kabupaten Belu akan mengadakan Open Donasi Buku. Buku-buku yang dibutuhkan mencakup semua jenis buku mulai dari buku cerita anak, buku pelajaran untuk siswa SD sampai SMA, buku untuk mahasiswa dan juga buku untuk masyarakat umum. Kecuali buku-buku berbau pornografi, isu SARA, mengandung unsur narkoba dan hal-hal negatif lainnya.

 

“Teruntuk Belu, kita memang tinggal di perbatasan tapi jangan sampai pengetahuan kita terbatas. Mari kita berjuang bersama karena perjuangan kita belum selesai,” ungkap Romo Kris di akhir wawancara.

 

Berita: Lonnie Bunga

Foto: FTBM Kabupaten Belu

Editor: R. Fahik/red 

Post a Comment

0 Comments