Latest News

Thursday, 15 October 2020

DUA ANGGOTA DPRD TTS IKUT UJIAN PROPOSAL DISERTASI DI IAKN KUPANG

 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Dua anggota DPRD Kabupaten TTS, Marten Tualaka (Fraksi Hanura) dan Uksam Selan (Fraksi PKPI) mengikuti Ujian Proposal Disertasi di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, Rabu (14/10/2020). Keduanya sedang menempuh Studi Doktoral bidang Teologi di kampus tersebut.

 

Marten Tualaka yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten TTS menulis proposal disertasi dengan judul “Kemiskinan dan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan". Di hadapan tim penguji, Marten Tualaka berhasil mempertahankan judul tersebut dan dengan penuh komitmen ia mengungkapkan akan melakukan penelitian untuk mencari tahu apa yang menjadi persoalan mendasar sehingga angka kemiskinan dari tahun ke tahun semakin tinggi. Selain itu ia juga akan mencari tahu agar solusi apa yang tepat untuk dilakukan agar bisa memutus mata rantai kemiskinan tersebut.

 


Dengan judul proposal disertasi yang ada para penguji memintanya untuk melakukan penelitian secara serius agar persoalan yang ada bisa ditemukan solusinya. Hal ini penting agar disertasi yang dihasilkan mampu membawa perubahan atau solusi  terkait dengan apa yang telah diteliti.

 

Sementara Uksam Selan yang kini menjabat Ketua Komisi I DPRD Kabupaten TTS mengangkat “Pendidikan Karakter di Era Globalisasi Pada Generasi Milenial (Suatu analisis Sosial Pedagogis Pada Kaum Muda di Kabupaten TTS” sebagai judul proposal disertasinya. Di hadapan para penguji, Uksam mengatakan bahwa dalam judul tersebut ia lebih menyoroti unsure afektif. Menurutnya jika seseorang memiliki kognitif dan psikomotorik yang baik tetapi nilai afektifnya kurang maka hal itu akan sangat berpengaruh pada karakter seseorang.

 


Karena itu berdasarkan judul yang ada, ia akan berupaya untuk melakukan penelitian dengan pendekatan nilai budaya pada generasi milenial. Diharapkan agar penerapan dalam peningkatan pola afektif bisa diterapkan dengan baik, karena tidak penting seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik tetapi afektif atau sikapnya masih kurang.

 

Dalam ujian proposal disertasi tersebut hadir 4 orang  penguji, dua orang penguji melakukan ujian secara tatap muka yakni, Prof. Maria Agustina Noach, Ph.D., M.Sc., dan Dr. Zainur Wulla, dengan moderator Pater Dr. Gregorius Neonbasu, SVD., Ph.D. Sementara dua penguji lainnya yakni, Dr. Oditha Hutabarat, M.Th., dan  Dr. Radjiman Sitopu, M.Th., menggelar ujian secara daring.

 

Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, S.Pd., M.Si.,  kepada media ini memberikan apresiasi kepada dua anggota DPRD Kabupaten TTS dan juga salah seorang guru dari Kabupaten Kupang yang telah mengikuti ujian proposal disertasi tersebut. Lebih lanjut Harun mengatakan bahwa tahun ini sudah digelar seminar untuk kali ketiga bagi tiga orang kandidat doktor, yakni Uksam Selan, Marten Tualaka, dan Adriana A.Tahun. Ketiganya adalah angkatan kedua yang  sebenarnya sudah selesai namun karena kesibukan sehingga baru bisa berproses. (Lenzho/red)

 

comments

No comments:

Post a comment