Latest News

Saturday, 24 October 2020

ALI TAHER PRASONG SEBUT FLOTIM JALAN TENGAH MODERASI BERAGAMA


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM -
Ketua Fraksi PAN MPR RI,  Dr. H. Ali Taher Prasong dalam pengarahannya saat dialog Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa'adi dengan anggota Forkompimda dan FKUB Flores Timur,  meyakinkan seluruh peserta akan keindahan Flores Timur sebagai bagian dari Indonesia, Jumat (23/10/2020).

 

Larantuka ibukota Flores Timur secara harafiah adalah dua kata, yakni laran berarti jalan dan tukan berarti tengah, larantuka berarti jalan tengah.

 

"Orang Lamaholot pola pikir secara kosmologis selalu mengambil jalan tengah atau moderasi beragama", jelasnya.

 

Ali Taher menambahkan, alam kosmologisnya orang larantuka itu adalah kedamaian. Hal ini diungkapkannya berdasarkan berbagai literatur yang telah ia baca. Untuk itu kepada anggota Forkompimda dan FKUB Ali Taher meminta untuk menjaga alam kosmolognya orang Flores Timur yang menerima sebuah perbedaan itu sebagai sebuah kekayaan dan keindahan. 

 

Terkait dengan peran dan fungsi FKUB dalam memelihara kerukunan umat beragama mantan Ketua Komisi VIII DPR RI tersebut meminta Wakil Menteri Agama menaikkan anggaran operasional FKUB sehingga tugas dan tanggung jawabnya dapat dilaksanakan secara baik. 

 

"Tugas FKUB itu berat, di pundaknya ada tanggung jawab yang besar maka anggaran operasionalnya harus ditingkatkan," ungkapnya.

 

Selain mendorong naiknya operasional FKUB, Ali Taher Prasong juga mengharapkan anggaran tunjangan para penyuluh agama non-PNS dinaikan setara UMR untuk meningkatkan tugas dan pelayanan para penyuluh agama untuk masyarakat umat beragama. 

 

Sebelumnya, Bupati Flotim Antonius Gege Hajon dalam sambutannya meminta Wakil Menteri Agama RI menambah kuota Penyuluh Agama non-PNS di Flores Timur dan lembaga pendidikan SMAK serta Taman Seminaris.

 

Untuk diketahui acara pertemuan dengan Forkompimda dan anggota FKUB Flotim merupakan salah satu rangkaian kegiatan Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa'adi di Kabupaten Flores Timur, yang tujuan utamanya adalah melakukan pengresmian Gedung Workshop MAN 2 Flotim, peletakan batu pertama pembangunan gedung asrama MAN 2 Flotim, dan peletakan batu pertama pembangunan jembatan penghubung Desa Tanawerang Kec. Solor Timur dan MAN 2 Flotim.  (Humas-Peter/RZ/Red)
comments

No comments:

Post a comment