Latest News

Wednesday, 9 September 2020

KADIS PK TTS APRESIASI KEMAJUAN SMPN 1 AMANATUN SELATAN

 


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si., mengapresiasi kemajuan SMPN 1 Amanatun Selatan. Menurutnya, sekolah tersebut mengalami kemajuan dari  waktu ke waktu.

 

“Saya melihat sekolah ini ada perubahan besar, mulai dari pintu masuk sekolah hingga di dalam sekolah pun ada perubahan, walaupun kita sudah memasuki musim kemarau tetapi sekolah ini masih hijau dengan pepohonan dan juga bunga-bunga yang ada. Ini menandakan bahwa sekolah ini menjalankan apa yang telah diintruksikan,” ungkap Edison Sipa ketika membuka kegiatan In House Training (IHT) di sekolah tersebut, Selasa (8/9/2020).

 

Sipa berharap agar satuan pendidikan khususnya SMP Negeri 1 Amanatun Selatan harus menjadi contoh untuk sekolah lain yang ada di wilayah tersebut, apalagi sekolah tersebut merupakan sekolah induk dari beberapa sekolah yang ada. Oleh karena itu sekolah lain yang ada diharapkan agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik ke depan seperti sekolah ini.

 

“Dari jumlah peserta didik yang banyak bisa dialokasikan juga untuk rehab ringan terkait dengan ruangan yang rusak, intinya pergunakan dana BOS yang ada untuk kebutuhan sekolah. Dana BOS itu bisa digunakan untuk mengubah wajah sekolah, karena seyogyanya dana BOS itu dimanfaatkan agar proses KBM di kelas dapat berjalan lancar, bisa menyentuh para tenaga pendidik, kompetensi guru harus ditingkatkan dan juga untuk pemenuhan sarana prasarana,” jelasnya.

 

Dirinya mengingatkan para guru yang ada untuk memperhatikan peserta didik, jika ada yang tergolong  stunting harus diperhatikan agar ada pemberian makanan tambahan bagi peserta didik tersebut dengan menggunakan dana BOS yang ada. Perhatian juga diberikan bagi anak yatim-piatu atau orang tua yang kurang mampu agar diperhatikan secara khusus, baik itu dalam hal berpakaian maupun buku tulis yang ada. Masih terkait dana BOS, penggunaannya harus memperhatikan juga kesejahteraan tenaga pendidik yang berstatus honorer.

 

Terkait dana BOS tahun 2020 ini, ia menegaskan agar sekolah segera mencairkan dan melakukan pembelanjaan sesuai RKAS yang ada, karena untuk laporan pertanggungjawaban keuangan dana BOS tahun 2020 batas akhirnya pada minggu kedua bulan Desember. Karena itu, tuturnya, diupayakan agar pencairan dana BOS tahap III bisa dicairkan paling lambat pada tanggal 31 Oktober 2020, sehingga pada bulan November kita bisa menyelesaikan SPJ. Selama ini persoalan yang dihadapi di dinas PK yaitu laporan penggunaan keuangan dana BOS, oleh karena itu diharapkan agar disiplin dalam waktu pencairan maupun saat laporan pertanggungjawaban.

 

“Terkait dengan proses KBM di kelas pada masa new normal ini yang perlu diperhatikan adalah  kesehatan dan  keselamatan tenaga pendidik dan peserta didik. Selain itu tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psiko sosial menjadi pertimbangan dalam pemenuhan pelayanan pendidikan di masa pandemic covid-19,  oleh karena itu diharapkan agar setiap satuan pendidikan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

 


Kepala SMP Negeri 1 Amanatun Selatan, Martince NR. Otu, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas PK Kabupaten TTS yang telah hadir bersama-sama untuk memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan IHT tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber yang telah hadir untuk saling berbagi ilmu dengan para tenaga pendidik yang ada.

 

Martince Otu juga menyampaikan bahwa di sekolahnya masih terdapat empat ruang kelas yang sudah rusak berat. Karena itu ia meminta agar  ada perhatian khusus terhadap empat ruang kelas tersebut, karena menurutnya gedung tersebut sudah termakan usia. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment