Latest News

Sunday, 27 September 2020

BUPATI TTS LANTIK PENGURUS PRAMUKA KWARAN KOLBANO

 


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Bupati TTS selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) TTS, Egusem Piether Tahun melantik Pengurus Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kolbano, Jumat (25/9/2020). Dalam arahannya ia meminta agar mereka yang dilantik mengerti landasan hukum pramuka, membaca dan mengerti isi pramuka.

 

“Karena dengan mengucapkan janji, akan disaksikan oleh bendera merah putih yakni kakak-kakak sekalian akan memegang ujung bendera. Selain itu, Kolbano merupakan lokasi yang ketiga saya dan rombongan melakukan pelantikan kwaran,” ungkapnya.

 

“Covid-19 membuat pergerakan kita terlambat. Ketika kami keliling dan melakukan pelantikan ada pihak yang mengatakan bagaimana pak bupati liburkan sekolah tapi keliling dan kumpulkan massa tapi anggap saja anjing menggonggong kafilah berlalu karena kita duduk ini juga sudah jaga jarak, artinya sudah mematuhi protokol kesehatan. Saya juga selalu mengatakan, kita harus melayani masyarakat, kita harus waspada dengan covid ini tetapi jangan terlalu takut karena takut itu mengakibatkan imun kita lemah,” lanjutnya.

 

Ia menyebut kehadiran dirinya bersama rombongan merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kehadiran itu, ungkapnya, memberikan warna tersendiri sehingga diharapkan pelayanan kepada anak-anak tidak boleh diabaikan. Orang tua diminta agar dapat memperhatikan anak-anak agar belajar dari rumah dan akan dievaluasi, namun pada intinya pelayanan tetap jalan.

 

“Di instansi atau kantor saya minta untuk tetap bekerja karena kalau berhenti bekerja jelas roda perekonomian akan macet. Contohnya, kalau kami ke sini perekonomian sudah didorong ke arah yang baik yakni hari ini kita bisa beli aqua di kios, baju pramuka dan asesorisnya baru. Pada kesempatan ini juga saya lihat ada kepala desa dan perangkatnya, maka saya minta agar mendukung pramuka karena ini program nasional. Kepala sekolah yang hari ini dilantik harus menyukseskan kegiatan pramuka karena ada kredit poinnya untuk naik pangkat,” jelasnya.

 

Dirinya melanjutkan, “Misalnya bisa kelola pramuka maka layak jadi kepala sekolah. Selain itu, saya tegaskan bahwa sekolah yang tidak dilantik untuk gerakan pramuka tidak boleh gunakan dana BOS untuk kegiatan pramuka. Akhirnya saya akan menghidupkan suasana di Kolbano dengan melakukan champing sehari pada 28 Oktober yang akan datang karena dengan menghidupkan suasana di kecamatan kita sudah membantu menggerakkan perekonomian di kampung. Kegiatan pramuka di TTS untuk sementara termasuk yang terbaik karena melakukan pelantikan pengurus di setiap kecamatan. Hari ini selaku bupati saya senang karena saya beserta rombongan disambut dengan drumben oleh anak-anak SMA Negeri Banat.”

 

Para Pengurus Pramuka Kwaran Kolbano yang dilantik mengatakan kesiapaannya untuk membina serta membentuk karakter anak-anak melalui pramuka. Kusa Boimau, salah satu pembina pramuka yang dilantik mengungkapkan bahwa kegiatan pramuka akan berjalan dengan baik apabila ada dukungan semua pihak baik itu orang tua, guru maupun pemerintah serta pribadi anak itu sendiri.

 

Dimeriahkan Drumben

 

Pantauan media, kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan drumben SMA Negeri Banat. Putry Babys, Kepala SMA Negeri Banat, kepada media ini mengatakan bahwa dalam rapat memang sudah sepakati agar drumben tampil dalam penyambutan Bupati TTS. Sementara, Ningsi Haekase, pembimbing drumben menyampaikan, sebelum tampil anak-anak sudah dipersiapkan secara matang. Florensia Nasa, salah satu siswa yang tampil mengungkapkan kegembiraannya karena dapat tampil usai latihan yang sudah dijalani.


 

Jules Nuban, salah satu warga yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa secara pribadi ia merasa lain dari biasanya. “Karena apa yang ditunjukkan anak-anak membuat saya senang. Selain itu juga orang nomor satu di daerah ini dalam hal ini pak bupati melakukan kunjungan di Kolbano,” tuturnya. (Albert Baunsele_Kontributor/red)

 

 

comments

No comments:

Post a comment