Latest News

Thursday, 28 May 2020

PENENTUAN KELULUSAN JENJANG SD DAN SMP AKAN DIUMUMKAN AWAL JUNI


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Penentuan hasil kelulusan jenjang SD dan SMP akan diumumkan awal Juni 2020 mendatang. Untuk jenjang SMP akan diumumkan pada tanggal 5 Juni 2020 sementara jenjang SD akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2020. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si., saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/5/2020).

Dijelaskannya bahwa di tengah pandemi Covid-19 UN para peserta didik ditiadakan oleh karena itu  untuk penentuan kelulusan bagi para peserta didik kelas VI SD dan kelas IX SMP sesuai dengan edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bahwa nilai yang dipakai dalam penentuan kelulusan yaitu diambil nilai rerata raport kelas IV – VI semester ganjil, sementara untuk nilai semester genap itu diberikan tugas akhir oleh guru kepada peserta didik.

“Untuk penentuan kelulusan jenjang SMP diambil dari  nilai rerata raport kelas VII – IX semester ganjil ditambahkan dengan tugas tambahan,” ungkapnya.

Untuk penentuan kenaikan kelas bagi peserta didik, lanjutnya, dikembalikan kepada sekolah masing-masing untuk bisa memberikan tugas-tugas kepada para  peserta didik untuk diselesaikan di rumah dan itu dijadikan sebagai nilai untuk kenaikan kelas. Tugas yang diberikan guru itu dalam bentuk porto folio atau tugas yang diberikan oleh guru sesuai dengan amanat kurikulum dengan catatan bahwa tidak mengharapkan ketuntasan kurikulum.

“Jadi  tugas yang diberikan kepada peserta didik untuk diselesaikan  dalam penentuan kenaikan kelas baik di jenjang SD maupun SMP,” tuturnya. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment