Latest News

Tuesday, 31 March 2020

KEMENDIKBUD GELAR PERTUNJUKAN SENI SECARA DARING DI MEDIA SOSIAL

Ilustrasi Pertunjukan Seni. (Foto: solopos.com)

JAKARTA, CAKRAWALANTT.COM – Salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, ajakan untuk #DiRumahSaja kian populer. Ajakan ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja seni dan pelaku budaya untuk menghibur masyarakat yang sedang berada di rumah. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktur Jenderal Kebudayaan menggelar pertunjukan seni melalui siaran langsung secara daring di media sosial.

Pertunjukan seni yang juga mengusung semangat #BahagiaDiRumah dilakukan secara daring melalui akun Youtube Budaya Saya, sehingga masyarakat dapat menikmati seni dari rumah masing-masing. Melalui pertunjukan ini, masyarakat yang sedang dalam masa situasi darurat wabah Covid-19 diajak untuk tetap bahagia meski tidak bisa bepergian keluar rumah atau mengunjungi tempat-tempat seni dan budaya.

Pertunjukan daring dapat disaksikan secara langsung atau tunda melalui akun Youtube Budaya Saya yang dimulai pada hari ini, Senin (30/3/2020). Budaya Saya merupakan akun resmi media sosial milik Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud. Pertunjukan daring ini akan dilaksanakan dalam dua hari, yaitu Senin (30/3/2020) dan Selasa (31/3/2020). Pada hari pertama, pertunjukan dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, dengan menampilkan Eko Supriyanto yang merupakan maestro koreografi tari kontemporer dan memiliki kiprah internasional. Pertunjukan kedua adalah siaran langsung penampilan dari Riau Rhythm Chambers Indonesia (RRCI) pada pukul 19.00 s.d. 21.00 WIB. Kemudian di hari kedua, pada Selasa, 31 Maret 2020, akan ada penampilan mendongeng bersama Ayo Dongeng Indonesia pada pukul 09.00 WIB, kemudian sore harinya pukul 16.00-18.00 WIB, diisi oleh penampilan dari ISI Yogya Band.

Pertunjukan daring yang diisi berbagai kegiatan seni ini diharapkan dapat menjadi wadah kreatif bagi para pekerja seni dan pelaku budaya untuk tetap berkarya meskipun tidak bisa tampil secara fisik di tempat ekspresi budaya. Bagi pekerja seni dan pelaku budaya yang sempat mengalami penundaan dalam pekerjaan selama situasi darurat, pertunjukan daring ini menjadi sarana yang tepat untuk mengekspresikan hasil karya seninya.

Bagi masyarakat luas, pertunjukan daring juga dapat menambah wawasan seputar seni sekaligus menjadi hiburan keluarga di rumah. Sebab #BahagiaDiRumah juga akan berbagi pengetahuan menganai berbagai cabang seni yang meliputi; tari, melukis, bermusik, hingga cara memproduksi film. Untuk informasi waktu dan agenda lebih lanjut, dapat dilihat melalui media sosial Budaya Saya, seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Dengan adanya pertunjukan daring ini, diharapkan seluruh masyarakat yang sedang berada di rumah merasa bahagia dengan mengisi waktu untuk kegiatan yang bermanfaat. (kemdikbud.go.id)


comments

No comments:

Post a comment