Latest News

Sunday, 8 March 2020

ALEX RIWU KAHO: LOMBA KTI DAN VIDEO EDUKATIF BANK NTT LAHIRKAN GENERASI MUDA KREATIF

Direktur Pemasaran Dana Bank NTT didampingi P. Dr. Gregor Neonbasu, SVD, PhD., dalam Konferensi Pers, Kamis (5/3/2020) di Restoran Subasuka, Kupang. (Foto: RF)

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, S.H., M.M., mengungkapkan, Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Video Edukatif yang diselenggarakan Bank NTT dalam rangkaian program “Ramai Skali” Bank NTT telah melahirkan generasi muda NTT yang kreatif dan berwawasan luas terutama dalam bidang literasi finansial. Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Pers Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Video Edukatif Bank NTT Tahun 2020, Kamis (5/3/2020) di Restoran Subasuka, Kupang.

Dijelaskannya, Program “Ramai Skali” Bank NTT tidak terbatas pada Lomba KTI dan Video Edukatif namun ada turunan-turunan produk yang mengikutinya. Dari lomba ini lahirlah Digital Agen, dan dari Digital Agen lahirlah Lopo Digital Agen. Dari data yang dimiliki Bank NTT, sebelum Lomba KTI dan Video Edukatif tahap I yang digelar tahun 2019 lalu, Bank NTT belum memiliki member Digital Agen dengan mahasiswa dan masyarakat umum namun kini Bank NTT memiliki 2000-an member yang merupakan efek dari Lomba KTI dan Video Edukatif serta support yang diberikan media.

“Dari program ini melahirkan anak-anak muda yang bisa memanfaatkan waktu secara produktif dengan memanfaatkan produk-produk yang Bank NTT miliki. Dengan Mobile Banking, di situ dia bisa bertransaksi jual beli pulsa listrik, handphone, dan lain-lain, bahkan transfer dan ruang-ruang usaha lainnya. Transaksi per hari ini dari Digital Agen Bank NTT dan mahasiswa serta masyarakat umum adalah nilai berputarnya mencapai Rp 3,2 M. Ini angka yang luar biasa bagi kami karena dalam skala yang sangat kecil, ultra mikro, orang per orang,” tuturnya.

Hal tersebut, lanjutnya, merupakan gambaran efek secara bisnis dari program yang dijalankan dan mampu dipertanggungjawabkan secara profesional. Namun di sisi yang lain, jelasnya, Bank NTT telah mengambil bagian secara literasi dalam membangun suatu fundamental untuk generasi muda agar bisa memanfaatkan pengetahuan literasi tentang keuangan, perbankan, apapun itu yang akan memberikan mereka kemampuan untuk melihat peluang-peluang yang selama ini belum digarap secara total dengan memanfaatkan potensi dirinya.

“Sehingga menjadi satu bagian pilihan usaha atau kreatifitas yang bisa melahirkan nilai-nilai produktif. Ini yang lebih mahal, melahirkan pilihan seperti ini, daripada hal-hal yang mungkin secara nominal bisa kita lihat. Dan itulah tugas Bank NTT, tidak saja membangun NTT secara fisik tapi secara intelektual adalah bagian dari kontribusi Bank NTT bagi pembangunan di NTT,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Juri Lomba KTI, Pater Dr. Gregor Neon Basu, SVD, PhD., menuturkan, kegiatan yang digagas Bank NTT merupakan suatu langkah positif dalam membangun kesadaran generasi muda untuk menabung sejak dini. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, Bank NTT telah menunjukkan perhatiannya pada dampak sosial atau edukasi yang lebih spesifik untuk anak-anak muda.

“Bank NTT telah menaruh perhatian pada hal yang paling elementer dalam hidup manusia yakni pendidikan. Karena itu dengan kesadaran, saya menerima kepercayaan sebagai Ketua Dewan Juri untuk melanjutkan misi Bank NTT dengan harapan, kalau sekarang lomba untuk tingkat SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi sudah, mungkin nanti untuk dosen dan lain-lain. Juga untuk juara, tidak hanya juara 1 sampai 3, tapi juga juara harapan,” ungkapnya.

Dari Term of Reference (TOR) kegiatan yang diterima redaksi, tercatat, pendaftaran Lomba KTI yang terbagi dalam tiga kategori yakni SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi (Mahasiswa) dibuka tanggal 4 – 25 Maret 2020 bertempat di masing-masing Kantor Cabang Bank NTT. Pengumpulan Karya tanggal 21 – 31 Maret 2020, Penjurian Finalis tanggal 1 – 11 April 2020, Pengumuman Finalis tanggal 13 – 23 April 2020. Peserta yang lolos sebagai Finalis akan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan Dewan Juri pada tanggal 27 – 28 April 2020 di Kantor Pusat Bank NTT. Pengumuman pemenang Lomba KTI akan digelar tanggal 2 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Sementara itu Lomba Video Edukatif terbuka untuk umum. Pendaftaran Lomba Video Edukatif dibuka tanggal 4 Maret – 25 April 2020 dan pengumuman pemenang Lomba Video Edukatif akan digelar pada bulan Juli 2020 bertepatan dengan HUT Bank NTT. Syarat-syarat terkait Lomba KTI dan Video Edukatif dapat diperoleh di masing-masing Kantor Cabang Bank NTT. (rf/red)

comments

No comments:

Post a comment