Latest News

Tuesday, 11 February 2020

BANGUN BUDAYA LITERASI, SMPK DAN SMASK ALVAREZ PAGA GANDENG MPC NTT



Sikka, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka membangun budaya literasi terutama di lingkungan sekolah, SMPK dan SMASK Alvarez Paga, Kabupaten Sikka menggandeng Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Kerja sama tersebut diwujudkan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Literasi yang melibatkan guru dan peserta didik dua lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Sancta Maria Karmel tersebut. Kegiatan digelar di aula sekolah setempat, Jumat (7/2) hingga Minggu (9/2/2020), dibuka secara resmi oleh Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sikka, Thomas Alfares, M.Pd.

Dalam sambutannya, Thomas Alfares, menyinggung gerakan literasi sekolah yang sudah mulai dijalankan oleh sekolah-sekolah terutama aktifitas membaca 15 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Ia menilai hal tersebut merupakan langkah positif dalam membangun budaya literasi namun perlu diikuti dengan aktifitas pendukung lainnya.

“Sekolah-sekolah sudah lakukan membaca 15 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Setelah baca apa yang dilakukan siswa? Merangkum. Setelah itu apa yang dilakukan guru terhadap rangkuman itu? Tidak ada. Hal lainnya, siswa membaca 15 menit, lalu guru buat apa? Gurunya juga harus membaca. Dengan literasi, diharapkan siswa mampu membaca, menulis sesuatu dari apa yang dibaca, kemudian guru memberi penilaian. Kemudian muncul lomba literasi. Tiap minggu diumumkan tulisan terbaik. Lomba literasi yang dimaksud adalah tingkat kelas tanpa biaya mahal. Dari lomba literasi kelas ke lomba literasi sekolah. Ada hasil, diberi reward. Hal-hal seperti ini yang perlu dihidupkan ke depan,” jelasnya. 

Lebih lanjut ia menyebut kerja sama sekolah dengan lembaga lain sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Ia mencontohkan, ada sebagian besar guru yang sebenarnya ingin menulis namun tidak tahu harus mulai dari mana. Karena itu dengan adanya kegiatan bimtek literasi sebagaimana yang dilakukan MPC NTT, guru-guru memiliki kesempatan untuk belajar meningkatkan keterampilan menulisnya sekaligus menemukan wadah publikasi yang tepat.

Sementara itu koordinator kegiatan, RP. Octavianus T. Setu, O.Carm, S.Fil., M.Th., mengungkapkan, kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama sekolah dengan MPC NTT tersebut merupakan langkah sekolah dalam upaya meningkatkan budaya literasi sekolah. Ia mengharapkan agar peserta dapat mengaktualisasikan apa yang didapat selama kegiatan.

“Literasi digaungkan oleh kementerian sejak tahun 2015, gemanya masih terasa dan saya yakin akan menjadi hal positif di hari depan. Mari kita mulai dan kita harus bisa. Kegiatan ini terprogram untuk meningkatkan literasi sekolah. Kiranya kegiatan ini dapat memberdayakan kami untuk belajar dan menghasilkan produk berharga bagi lembaga pendidikan ini,” ungkap Kepala SMPK Alvarez Paga ini.

Data yang dihimpun panitia menyebutkan, kegiatan diikuti 110 peserta dengan rincian 40 guru dan 70 peserta didik, perwakilan SMP dan SMA masing-masing 35 orang. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SMASK Alvarez Paga, RP. Hermenegildus P. Mame, O.Carm, M.Th., Pemimpin Umum MPC NTT, Gusty Rikarno, S.Fil., serta tim narasumber MPC NTT, Robert Fahik, M.Si (Pemimpin Redaksi MPC NTT), Plasidius Abdon, S.Pd (Koordinator Formator MPC NTT Kab. Sikka), Mustakim, S.Pd., M.M (Formator), Rofinus Sengkang, S.Fil (Formator), dan Antonius R. Vanchapo, S.Kep., M.MKes (Formator). (red)

comments

No comments:

Post a comment