Latest News

Saturday, 23 November 2019

ENAM TAHUN MEDIA PENDIDIKAN CAKRAWALA NTT

HARI ini (23/11/2019), Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT genap berusia enam tahun. Media ini terbit pertama kali pada tanggal 23 November 2013, di bawah naungan Lembaga Cakrawala NTT. Badan hukum tersebut kini sudah diubah statusnya menjadi PT Cahaya Cakrawala Nusantara dengan Nomor AHU – 0013529.AH.01.01.TAHUN 2019 TANGGAL 13 Maret 2019, berdasarkan Permohonan Notaris Lilies Pratiwipuspa, S.H., M.Kn., sesuai salinan Akta Nomor 10 Tanggal 06 Maret 2019.

Selama enam tahun, MPC NTT telah menerbitkan 84 edisi majalah cetak (termasuk edisi November 2019) dengan segmen khusus pendidikan. Selain itu MPC NTT terus mengembangkan sayapnya dengan menerbitkan media daring (online) yakni cakrawalantt.com., menerbitkan Jurnal Ilmiah Pendidikan CAKRAWALA NTT, dan menggelar Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru dan Karya Jurnalistik serta Penulisan Kreatif bagi Peserta Didik. Tercatat lebih dari 300 sekolah tingkat SD -- SMA telah bekerja sama dengan MPC dalam kegiatan literasi sekolah, selain kelompok guru seperti dalam wadah PGRI dan MGMP, dan beberapa perguruan tinggi.

Dalam perjalanannya, MPC NTT mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak di antaranya para kepala sekolah, MKKS, pengawas sekolah pada berbagai tingkat pendidikan, serta beberapa perguruan tinggi. Dukungan juga datang dari instansi pemerintah yakni Kantor Bahasa NTT dan LPMP NTT yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bank NTT, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT serta beberapa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota di NTT. Secara formal, terdapat dua surat rekomenasi untuk MPC NTT. Pertama, Surat Kemdikbud RI, LPMP NTT, tanggal 3 Mei 2019, Nomor: 712/D7.18/KP/2019, Hal: Rekomendasi. Kedua, Surat Pemerintah Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tanggal 6 Mei 2019, Nomor: 421/11011/PK/2019, Hal: Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dan Siswa. 

Beberapa pencapaian pun telah diukir. Khusus tahun 2019, beberapa hal boleh disebutkan. Pertama, tiga anggota tim redaksi MPC NTT dipercayakan oleh Kantor Bahasa NTT untuk mengikuti Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis Tingkat Regional di Denpasar Bali (Mei 2019). Kedua, telah ditandatatangani MoU (kerja sama) antara MPC NTT dengan Bank NTT terkait bidang publikasi. Ketiga, sehari sebelum HUT ke-6 MPC NTT (22/11/2019), diumumkan hasil Lomba Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Massa Daring, dimana dalam ajang tersebut media daring cakrawalantt.com., keluar sebagai Pemenang I dengan total skor 285. 

Redaksi menyampaikan terima kasih berlimpah kepada semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu, atas segala dukungan yang telah diberikan kepada media ini dalam perjalanannya selama enam tahun. Dukungan yang sama tetap kami harapkan dalam perjalanan media ini ke depan. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas sejatinya adalah tanggung jawab dan panggilan kita bersama. Salam Cakrawala. Salam Literasi. 


comments

No comments:

Post a comment