Latest News

Thursday, 30 August 2018

Perkemahan & Gebyar Pramuka Gabungan Gugus Depan Mitra IX Tahun 2018

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Kegiatan perkemahan dan gebyar pramuka diadakan di SMPK Santa Familia Kupang yang terletak di Jl. Oebolifo 3, Sikumana, Maulafa, Kota Kupang. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari yang terhitung mulai tanggal 30 Agustus hingga tanggal 2 September 2018. 



Kegiatan ini diselenggarakan oleh sekolah-sekolah mitra kerja. 30 sekolah diundang untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Gebyar Pramuka IX pada tahun 2018 ini. Sementara itu hanya sepuluh sekolah yang telah mendaftar dan mengikuti kegiatan ini yakni SMK UYELINDO, SAPTA TARUNA PU, SMK N 8, SMA N 12, SMK N 7, SMP 12, SDK SANTA  FAMILIA, SMPK SANTA FAMILIA, SMK N 6,  dan SDN NUNHILA. 

Kegiatan Perkemahan dan Gebyar  ini diisi dengan berbagai rangkaian perlombaan. Perlombaan-perlombaan yang diadakan yakni Lomba Cerdas Cermat Pramuka Penggalang dan Penegak, Lomba mewarnai, Lomba yel-yel, dan Pensi untuk Siaga, serta Lomba Tekpram Penggalang,. Selain itu diadakan pula Lomba Debat Umum, Lomba Pensi untuk Penggalang dan Penegak, Upacara Api Unggun, Kerja Bhakti, dan diikuti Pelantikan. 

Pembina Upacara, Simon Loban, dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan Perkemahan Gebyar Pramuka ini bertujuan untuk mendorong kreasi dan kreativitas peserta didik mulai dari Siaga, Penggalang, dan Penegak. 

"Dengan dasar inilah maka kami melakukan Perkemahan dan Gebyar Pramuka untuk memberi semangat patriotisme serta motivasi dalam kehidupan setiap peserta didik agar berani, bertanggung jawab,  dan berjiwa kepemimpinan," ungkap Simon Loban. 

Simon Loban mengingatkan para peserta akan moto Pramuka yakni Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan, yang menjadi pedoman seorang Pramuka. Manfaat moto tersebut bagi Gerakan Pramuka adalah  dapat meningkatkan kepercayaan diri, menambah semangat pengabdian kepada lingkungan  masyarakat, bangsa, dan Negara, memberi rasa bangga mengikuti Gerakan Pramuka, membangkitkan budaya  kerja berlandaskan pengabdian, serta membuat  seorang Pramuka siap mengamalkan satya dan dharma Pramuka. 

“Moto Pramuka bukan hanya sekedar untuk dibaca atau diperdengarkan tetapi lebih dari  itu untuk dapat memaknai lebih mendalam apa yang diucapkan. Oleh karena itu, saya mohon ikutilah kegiatan perkemahan ini dengan seksama,” ajak Simon. 

Simon juga mengemukakan bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan Pramuka itu sendiri. Kegiatan ini memotivasi para anggota Pramuka untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap persatuan, kedisiplinan, dan juga pembentukan karakter.

“Kegiatan Pramuka ini sangat bagus. Banyak manfaat yang dapat diperoleh. Oleh karena itu, saya berharap agar ke depannya siswa-siswi yang belum bergabung agar dapat melibatkan diri dalam kegiatan ini,”  harap Simon. 


Etha Natun, Pembina Gudep 283-284
Sementara itu, Pembina Putri dari Gudep 283-284 SMKN 7 Kupang, Etha Natun kepada Cakrawala NTT mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan penerapan dari teori-teori yang dipelajari para anggota. 

"Kegiatan perkemahan ini merupakan realisasi dari teori yang telah diperoleh. Teori yang diperoleh para anggota Pramuka dapat diterapkan di lapangan.  Kegiatan perkemahan seperti ini merupakan praktek yang mana peserta Pramuka terjun langsung ke lapangan,” jelas Etha.

Etha berharap semoga dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi lebih terampil lagi guna meningkatkan rasa cinta mereka terhadap kepramukaan. (Lenzho/RZ)
comments

No comments:

Post a Comment