Latest News

Monday, 30 July 2018

GURU & OSIS SMAN 1 RUTENG ANAM MENGADAKAN WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH

Manggarai, CakrawalaNTT.com- Pendidikan yang berkualitas, profesional, dan berdaya saing merupakan dambaan setiap lembaga pendidikan. Setiap lembaga pendidikan harus menghasilkanoutputyang cerdas dan bermutu. Dalam hal ini, guru sebagai tenaga pendidik semestinya trampil dan kreatif dalam mengembangkan mutu pendidikan pada lembaganya. Selain itu,siswa juga dituntut mengembangkan bakat dan kreativitas menulis.Untuk menjawabi kerinduan tersebut, maka Guru dan OSIS SMAN I Ruteng- Anam menyelenggarakan Whorkshop penulisan karya Ilmiah yang bekerja sama  UPT Pendidikan wilayah VII dengan Media pendidikan Cakrawala NTT. 

Kegiatan dibuka  secara resmi oleh Sebastianus M. Jama, S.Fil. sebagai kepala seksi SMA UPT Pendidikan wilayah VII yang mencakup Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.  Dalam sambutanya, Bastian menyampaikan rasa bangga karena dipercayakan membuka kegiatan yang luar biasa ini. 

“Saya bangga bisa hadir kembali bersama Cakrawala NTT untuk membuka kegiatan bermartabat ini. Sebelumnya kami bersama Cakrawala di SMAN 2 Cibal. Bapak dan ibu guru baik yang berstatus PNS maupun Non-PNS harus mengunakan kesempatan berharga ini untuk  meningkatkan mutu dan kualitas guru. Terima kasih kepada Cakrawala NTT yang menampilkan gaya baru dan berkualitas dalam proses pendampingan menulis. Sedikit teori tetapi banyak latihan menulis hingga langsung menhasilkan tulisan. Ini luar biasa. Salam hangat sekaligus permohonan maaf dari Bapak Kepala UPT karena kali ini tidak sempat hadir berhubung ada kegiatan dinas di Kupang”, tandas Bastian. 

Selanjutnya Gusty Rikarno sebagai Pimpinan Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT dan sekaligus pemateri dalam pengantar sambutan mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk para guru mulai menulis. Oleh karena itu kebiasaan membaca juga harus dihidupkan karena penulis trampil selalu datang dari pembaca yang tekun. 

“Dalam hal kemampuan menulis, di kalangan para guru ada dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang sudah mulai dan pernah menulis. Namun kebanyakan hasil karya mereka tidak dipublikasikan. Sementara kelompok kedua yang adalah kelompoak mayoritas adalah mereka yang mau menulis tetapi mulai dari mana. Kelompok kedua ini butuh pendampingan menulis. Cakrawala NTT hadir untuk kedua kelompok ini khususnya kelompok guru yang mau menulis tetapi butuh pendampingan.

Emanuel Wangur selaku PLT SMAN 1 Ruteng Anam menyatakan bangga dan apresiasi setingi-tingginya atas diadakan whorshop penulisan karya ilmiah. Menurut manuel, pengalaman pendampingan penulisan karya ilmiah adalah pengalaman pertama SMAN 1 Ruteng-Anam berdiri beberapa tahun silam. 

“Walaupun saat ini saya masih berstatus Plt kepala sekolah, saya mendukung penuh adanya pelatihan dan pendampingan penulisan karya Ilmiah bagi guru-guru dan siswa. Kami siap bekerja sama dengan semua pihak khususnya Media Pendidikan Cakrawala NTT untuk mewujudkan lembaga pendidikan SMAN 1 Ruteng-Anam lebih berkualitas, profesional dan mampu bersaing dengan  sekolah lain. Para guru dan siswa/i memiliki kesan yang sama. Puas dan bangga,” tandas Eman. 

Pelatihan dan pendampingan penulisan Karya Ilmiah Populer berlangsung selama dua hari di ruangan laboratorium SMAN 1 Ruteng Anam. Terhitung sejak pembukaan Kamis, 26 Juli 2018 sampai Jumat 27 Juli 2018.  Dihadiri oleh 43 guru, diantaranya 23 guru PNS dan 20 guru komite. Selain itu, OSIS SMAN 1 Ruteng-Anam yang berjumlah 35 orang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan pendampingan penulisan berita, jurnalistik, KIR dan pengelolaan mading yang di berikan oleh Ino Sengkang, S.Fil  selaku formatur Media Pendidikan Cakrawala NTT wilayah Manggarai dan Manggarai Timur. (Ino/rz)
comments

No comments:

Post a Comment