Latest News

Saturday, 8 October 2016

Elektro Photo Hunting Exhibition #5 dan Mini Expo Jurusan Teknik di FTS Undana


Agung Fikri M. Iqbal, ketua panitia kegiatan

Kupang, Cakrawala NTT

Pada Senin 3/10/2016, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Undana Kupang mengadakan pameran bertajuk Elektro Photo Hunting Exhibition #5 dan Mini Expo Jurusan Teknik. Acara ini adalah sebuah agenda tahunan yang dimiliki oleh para mahasiswa di jurusan Teknik Elektro. Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pameran kali ini juga dimeriahkan dengan “Mini Expo Jurusan Teknik Undana,” di mana jurusan-jurusan seperti Teknik Mesin, Tekni Sipil, Teknik Arsitektur, dan Teknik Pertambangandari Fakultas Sains dan Teknik di kampus tersebut berkesempatan untuk membuka stan dan memamerkan hal-hal yang bekaitan dengan jurusan mereka. Kegiatan ini semula direncanakan hingga Selasa, 4/10/2016, namun dengan adanya animo pengunjung yang tinggi maka pelaksanaan diperpanjang hingga Rabu,5/10/2016.

Para pengunjung pameran
Beby Manafe, ST,M.T, Ketua Jurusan Teknik Elektro FST Undana kepada MPC-NTT mengungkapkan bahwa hal ini merupakan kegiatan wajib bagi Jurusan Teknik Elektro. “Di jurusan Teknik Elektro ada dua kegiatan yang sudah dianggarkan, yaitu Studi Lapangan dan Elektro Photo Hunting. Jadi HMJ wajib menjalankan kegiatan ini,” tutur Beby.” Acara ini diadakan dengan tujuan untuk promosi jurusan dan pameran hasil dari tugas akhir mahasiswa. “Mulanya hanya pameran foto, namun dengan pertimbangan soal promosi kami menambahkan mini expo. Untuk pelaksanaan kami memberikan kepercayaan penuh kepada HMJ,” tambah Beby.

“Kami sebagai mahasiswa teknik yang punya hobi fotografi bisa belajar lebih banyak dan menambah ilmu tentang fotografi,” tutur Agung Fikri M. Iqbal, ketua panitia kegiatan. Ia juga menceritakan bahwa masalah yang dihadapi adalah susahnya merangkul semua bagian (mahasiswa) dari acara-acara tersebut untuk bekerja dan berpartisipasi secara aktif.

Di dalam acara ini, pada intinya, dipamerkan sejumlah karya fotografi dari para mahasiswa. Kategori dasar pengelompokkan terdiri dari jenis Foto Cerita atau Foto Essay yang berupa beberapa foto yang menggambarkan sebuah cerita, serta tipe Foto Single, yaitu satu karya tunggal yang memiliki cerita dalam bentuk keterangan foto. Karya foto terdiri dari berbagai topik dan kebanyakan berisikan hal-hal yang dekat dengan kehidupan perkuliahan para mahasiswa. Tema pameran adalah “Black and White Photography.”

Komunitas Gadget Grapher
Ama Hamanay, salah satu pengunjung pameran, yang juga adalah seorang fotografer, mengungkapkan bahwa lewat pameran ini dirinya terinspirasi untuk menyiapkan diri dalam pameran fotografi dari kelompoknya, dan juga berkesempatan untuk melihat sisi dunia teknik yang keras dan cadas dalam bingkai karya fotografi.

Selain diisi oleh beberapa stan dari fakultas, hadir juga sebuah stan bernama Gadget Grapher, yang merupakan sebuah komunitas para fotografer dengan media berupa gadget selain kamera. Kelompok ini sudah berdiri sejak 1/10/2015 dan telah melaksanakan pameran foto sebanyak dua kali. “Semangat kelompok Gadget Grapher adalah memaksimalkan fungsi gadget dalam memotret,” kata Wandri, salah satu penggagas kelompok fotografer Gadget Grapher. (Armando)

Ibu Beby Manafe, ST,M.T, Ketua Jurusan Teknik Elektro FST Undana.

Panitia Elektro Photo Hunting Exhibition #5 dan Mini Expo

comments

No comments:

Post a comment