Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Mahasiswa Fakultas Filsafat Unwira Raih Juara 1 Lomba Resensi Buku Antarmahasiswa Unwira

Severius Davinto Lisu.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Severius Davinto Lisu, Mahasiswa Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, berhasil meraih juara pertama pada lomba resensi buku antarmahasiswa Unwira yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Pusat Unwira. Severius berhasil mengungguli 9 finalis lainnya setelah mempresentasikan hasil resensi buku berjudul “Menemukan Makna Tersirat Cerpen Mutakhir” di hadapan para juri, Jumat (17/5/2024).

 

Ia mengatakan, pemilihan buku tersebut didasari oleh ketertarikannya pada karya sastra, terkhususnya cerita-cerita pendek (cerpen). Menurutnya, cerita-cerita pendek saat ini memiliki alur penulisan yang berbeda dengan karya-karya era sebelumnya. Oleh sebab itu, ia tertarik untuk membuat resensi atau review atas buku tersebut guna lebih mendalami alur penulisan, maksud, dan hal-hal lain yang termuat di dalamnya.



“Keputusan untuk meresensi buku ini membuat saya harus benar-benar mempersiapkan diri secara matang. Saya wajib membacanya hingga tuntas, jeli menemukan poin-poin penting, memahami maksud dan latar belakang penulis saat menyusun buku ini, hingga saya secara mandiri belajar menguasai teknik public speaking agar bisa berbicara secara lugas di depan juri,” tuturnya ketika diwawancarai oleh media ini di Ruang UPT Perpustakaan Pusat Unwira.

 

Severius turut menyampaikan apresiasi kepada pihak UPT Perpustakaan Pusat Unwira yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan-kegiatan serupa sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dan minat membaca mahasiswa, apalagi di tengah gempuran era digital saat ini.



“Kegiatan ini sangat positif dan berguna bagi mahasiswa. Jujur, tingkat kegemaran membaca kita masih rendah, sehingga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, para mahasiswa bisa terdorong untuk lebih aktif membaca serta mampu menuangkan hasil bacaan ke dalam bentuk tulisan,” ujarnya.


Ia berharap, pihak Unwira bisa terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan literasi di kalangan mahasiswa. Hal itu, terang Severius, bisa memberikan dampak yang positif dalam kegiatan akademik, baik di dalam maupun luar proses perkuliahan. (Aleong/MDj/red) 

Post a Comment

0 Comments