Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Peserta Didik SMPN 8 Kota Kupang Ikuti Kegiatan Bimtek Penguatan Literasi

 

Suasana kegiatan bimtek bagi peserta didik di SMPN 8 Kota Kupang pada hari pertama.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Para peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Kota Kupang mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penguatan literasi berupa kelas menulis dan seni pertunjukan selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (29 Februari-2 Maret 2024), di sekolah setempat.

 

Kegiatan yang didukung oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMPN 8 Kota Kupang, Maria Th. Roslin S. Lana, Kamis (29/2/2024), didampingi oleh salah seorang guru pembimbing dan Tim Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

 

Dalam sambutannya, Roslin mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan bimtek penguatan literasi bagi para peserta didik tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa mendukung terwujudnya program pengembangan literasi di SMPN 8 Kota Kupang setelah beranjak dari program pembiasaan literasi.


Kepala SMPN 8 Kota Kupang (kanan) didampingi oleh Direktur Yayasan Rumah Literasi Cakrawala (tengah) dan salah seorang guru pendamping (kiri).

“Pada tahun 2024 ini, kami mulai menerapkan program literasi pengembangan sebab pada tahun sebelumnya kami telah menggiatkan literasi pembiasaan di sekolah ini. Kami berupaya agar pembiasaan literasi pada tahun sebelumnya mulai dikembangkan di tahun ini melalui kegiatan menulis dan peserta didik bisa menghasilkan karya tulis,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, untuk mendukung program pengembang tersebut secara internal, maka pihaknya membentuk tim khusus yang menggerakkan program literasi. Selain itu, sambung Roslin, pihaknya juga mengadakan gerakan khusus yang diberi nama “Garasi Spenla” atau Gerakan Literasi-Numerasi SMPN 8 Kota Kupang.



Lebih lanjut, Roslin berharap, melalui program literasi tersebut, para peserta didik bisa menulis dan menghasilkan karya-karya tulis yang berkualitas. Selain itu, sambungnya, salah satu target yang akan dicapai adalah penerbitan buku karya tulis peserta didik.

 

“Para peserta didik akan kami dorong untuk mulai menulis dan menghasilkan karya-karya tulis, kami berupaya agar mereka mampu mengembangkan kemampuan menulis mereka. Target kami adalah bisa menerbitkan buku antologi karya peserta didik,” tuturnya.


Praktik menulis.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi oleh media ini di sela-sela kegiatan, Direktur Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Gusty Rikarno, menyampaikan terima kasih kepada pihak SMPN 8 Kota Kupang yang telah melakukan terobosan pengembangan literasi melalui pelaksanaan kelas menulis dan seni pertunjukkan bagi peserta didik.

 

Ia menerangkan, Yayasan Rumah Literasi Cakrawala juga memiliki program pengembangan dan penguatan literasi, yakni Lispena (Literacy and Performing Arts), yang bertujuan untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat anak didik.



Gusty berharap, pelaksanaan kegiatan bimtek penguatan literasi tersebut bisa mendukung upaya pengembangan literasi dan penyaluran potensi peserta didik dengan baik.

 

“Kegiatan hari ini dan beberapa hari ke depan juga merupakan bagian dari implementasi program Lispena. Kami berharap, kegiatan ini bisa mendukung upaya pengembangan literasi dan para peserta didik bisa menyalurkan potensi diri mereka dengan baik,” pungkasnya. (Salvus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments