Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Meriahkan HUT ke-19, SDK Rosa Mystica Kota Kupang Gelar Pameran Karya Peserta Didik

 

Para peserta didik berpose bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang saat seremoni pembukaan pameran karya.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19, Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica Kota Kupang menggelar pameran karya peserta didik, Sabtu (2/3/2024), di Aula St. Maria Immaculata, Kampus Penfui Unwira. Seluruh rangkaian acara pada kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami.

 

Kepala SDK Rosa Mystica Kota Kupang, Sr. Martha Maria Fatima Nabu, RVM., dalam sambutannya, menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi yang telah dilakukan sangat bermanfaat bagi perkembangan sekolah tersebut ke depannya.


Kepala SDK Rosa Mystica Kota Kupang.

Lebih lanjut, ia menerangkan, penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan HUT sekolah. Pada kesempatan tersebut, sambung Sr. Martha, terdapat hal baru yang disuguhkan kepada para orang tua dan tamu undangan, yakni hadirnya buku-buku karya guru dan peserta didik. Hal itu, jelasnya, merupakan hasil dari proses pembiasaan dan penguatan aspek literasi di lingkungan sekolah.  

 

“Kami selalu melakukan pembiasaan dan penguatan aspek literasi bagi guru dan peserta didik. Untuk diketahui, sesuai data rapor pendidikan, sekolah kami sudah mencapai hasil 100% untuk literasi, sehingga kami mencoba untuk merancang hasil dari literasi itu dengan menerbitkan buku sekaligus menjadi persembahan berharga di usia ke-19 ini,” ujarnya.



Untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaian-pencapaian tersebut, Sr. Martha memohon doa dan dukungan dari semua pihak, baik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, para orang tua dan guru, serta pihak-pihak lain yang turut berkecimpung dalam dunia pendidikan.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Sr. Ma. Yonita Mini, RVM., S.Pd., kepada media ini, menerangkan bahwa kegiatan tersebut mengusung tema “ Meningkatkan Potensi dan Kreativitas Peserta Didik dalam Berwirausaha”. Di dalamnya, sambung Sr. Yonita, semua peserta didik diberikan ruang untuk menampilkan hasil kreativitasnya sebagai bagian dari pengembangan potensi.


Ketua Panitia Kegiatan.

“Kegiatan hari ini sebenarnya adalah bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Melalui pendampingan guru, para peserta didik dapat menghasilkan kreativitas dan kemudian dipamerkan. Mereka dilatih untuk berwirausaha dan semuanya adalah hasil dari proses P5, dimana fase A terdiri dari kelas I dan II, fase B terdiri dari kelas III dan IV, serta fase C terdiri dari kelas V dan VI,” tambahnya.

 

Sr. Yonita berharap, melalui kegiatan tersebut, masing-masing peserta didik dapat mengenal dan mengembangkan potensinya secara maksimal, baik di dalam maupun luar kelas. Dengan begitu, pungkasnya, mereka dapat menciptakan terobosan dan inovasi yang berguna bagi dirinya dan orang lain di masa-masa mendatang.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang saat mengunjungi salah satu stand pameran karya peserta didik.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diawali dengan penjemputan tamu undangan dengan tarian tradisional. Setelah itu, para peserta didik membawakan persembahan lagu “Pelajar Pancasila” yang dikombinasikan dengan paduan suara dan tarian tradisional. Kemudian, dilakukan peluncuran buku-buku karya guru dan peserta didik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang sekaligus membuka rangkaian acara secara resmi. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments