Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Prodi Pascasarjana IAKN Gelar Seminar Bagi Guru PAK Se-TTS

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Program Studi (Prodi) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang menggelar Seminar Bagi Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) Se-Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) terkait kerukunan antar umat beragama, Kamis (15/6/2023), di Aula SMA Negeri 1 Soe. Kepada media ini, Direktur Pascasarjana IAKN Kupang, Umar Ali, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

 

“Kampus itu ada yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi dan salah satu programnya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sehingga kami terjun di tengah masyarakat untuk menyampaikan program pemerintah maupun organisasi yang sudah dicanangkan di kampus dan terkait dengan moderasi beragama saat ini lagi menjadi trend di Kementerian Agama. Kita harus berada di tengah masyarakat untuk menjaga keseimbangan dan toleransi antar umat beragama,” jelas Umar.

 

Umar menambahkan kegiatan seminar tersebut ditujukan bagi para guru yang dipandang sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan. Hal itu, sambungnya, bisa menjadi dasar untuk diteruskan kepada peserta didik dan masyarakat melalui sosialisasi.

 

Sementara itu, Aprianus Talan, selaku Perwakilan Kepala SMA Negeri 1 Soe, menyampaikan terima kasih kepada pihak IAKN Kupang yang telah menyelenggarakan kegiatan seminar tersebut.



“Terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini. Kami merasa bangga dengan IAKN Kupang yang telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Semoga kegiatan ini tidak berakhir di sini saja, tetapi terus berlanjut,” tandasnya.

 

Sedangkan, salah seorang Guru SMA Efata Soe, Any Fay, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan seminar tersebut, sebab baginya, terdapat banyak hal baru yang diperoleh terkait moderasi beragama.

 

Untuk diketahui, kegiatan yang mengusung tema “Edukasi Dimensi Kerukunan Umat Beragama Berbasis Rencana Strategis Tahun 2020-2024 Bagi Guru PAK SMA Negeri Se-Kota Soe” tersebut menghadirkan beberapa Narasumber, yakni Dr. Umar Ali, Dr. Simon Kase, dan Dr. Ady Sainyo. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments