Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GUBERNUR NTT GELAR KUNKER KE SMK NEGERI 1 AMABI OEFETO TIMUR

 

(Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, saat memberikan arahan dalam kunjungan kerjanya di SMK Negeri 1 Amabi Oefeto Timur)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang, Senin (10/4/2023). Didampingi Bupati Kupang, Korinus Masneno, dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, VBL terus mendorong semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik untuk berkolaborasi dalam memajukan dunia pendidikan. Menurutnya, manusia NTT harus dibangun dengan pengetahuan yang tinggi.  

 

“Manusia hanya bisa maju apabila dalam diirnya memiliki input pengetahuan yang tinggi dan selalu mengikuti serta menguasai setiap perkembangan iptek yang terjadi dengan sangat cepat. Meskipun kalian jauh dari kota, tetapi kalian harus punya wawasan yang tinggi dalam berpikir dan selalu mengikuti setiap perkembangan dunia agar tidak tertinggal. Jangan mau kalah, kalian harus terus meningkatan kualitas diri dengan belajar, disiplin, dan berani bersaing,” ujar VBL kepada Warga SMK Negeri 1 Amabi Oefeto Timur.

 

VBL juga menekankan para peserta didik untuk memacu diri dalam belajar, tekun mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, belajar menjadi manusia yang terampil, dan selalu mencintai alam di sekitar. Hal itu, ungkapnya, sangat berguna untuk mendukung proses pengelolaan sumber daya alam di Pulau Timor guna mewujudkan kesejahteraan rakyat. Untuk itu, VBL berharap agar SMK Negeri 1 Amabi Oefeto Timur bisa menjadi tempat terbaik untuk melatih dan membentuk peserta didik menjadi pribadi yang cinta akan alam, terutama di Pulau Timor.

 

VBL menegaskan kepada para peserta didik untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kedisiplinan. Para orang tua atau wali, sambungnya, harus bekerja sama dengan pihak sekolah dalam memperhatikan peserta didik ketika berada di lingkungan keluarga. Para peserta didik, tutur VBL, harus bisa menjadi manusia NTT yang mandiri, tangguh, dan hebat agar dapat mengubah dunia.

 

“Cerdas saja tidak cukup. Setiap peserta didik harus memiliki daya tahan, tangguh, dan tabah dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Orang yang tidak memiliki daya tahan akan lengah ketika mendapatkan masalah dan rintangan. Nah, anak-anak kita harus dididik dan diajar untuk punya tekad yang kuat dalam proses belajar, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat ia bergaul dan berinteraksi. Anak didik harus ada resiliance (ketangguhan) dimana semakin mendapatkan rintangan dan masalah, maka dia akan semakin kuat,” jelas VBL.



Sementara itu, Bupati Kupang, Korinus Masneno, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur NTT dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT yang terus memberikan perhatian dan kontribusi yang tinggi dalam mendukung setiap proses pembangunan di Kabupaten Kupang.

 

“Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang bisa hadir pada kesempatan ini dan memberi perhatian khusus bagi kemajuan pembangunan di kabupaten ini. Tentunya, ini semua akan memacu kami untuk bisa bekerja lebih giat dalam rangka memajukan dan menyejahterakan seluruh masyarakat di Kabupaten Kupang ini,” pungkasnya.  

 

Pada kesempatan tersebut, turut diadakan penyerahan paket sembako sebagai bagian dari Gerakan Orang Tua Asuh Bayi Stunting di Kabupaten Kupang berupa pemberian makanan tambahan bagi bayi dengan status stunting di Desa Pathau, Kecamatan Amabi Oefeto Timur. Paket tersebut diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kupang kepada perwakilan orang tua dari 13 anak.

 

Di lain pihak, turut dilakukan Penyerahan Bantuan Pendidikan kepada 18 Kepala Sekolah dan SMA se-Kabupaten Kupang, Penyerahan Bantuan Pengadaan Alat Penyulingan Air Laut Menjadi Air Minum di Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat dan Desa Huilelot Kecamatan Semau untuk melayani 4000 jiwa dengan total anggaran sebesar Rp. 2.165.379.674 yang diserahkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTT kepada Bupati Kupang, serta Penyerahan Bantuan Beras Insentif Daerah 5000 Kg untuk Penanganan Bencana dari Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT kepada Bupati Kupang.

 

Untuk diketahui, kunjungan tersebut turut dihadiri oleh Kepala SMK Negeri 1 Amabi Oefeto Timur dan beberapa perwakilan sekolah, jajaran Staf Khusus Gubernur NTT, beberapa Kepala Dinas di lingkup Pemprov NTT, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang, Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, dan Camat Amabi Oefeto Timur. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments