Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PT PLN UPP NUSRA II SALURKAN BANTUAN DAN PELATIHAN PERTANIAN BAGI BPP KECAMATAN ENDE UTARA

 

Foto : Dokumentasi Program PLN Peduli di Kelurahan Roworena, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende.


Ende, CAKRAWALANTT.COM - PT PLN (Persero) UPP Nusra II melalui Program PLN Peduli menyalurkan bantuan berupa alat mesin tetas berbasis listrik dan pelatihan pembuatan pakan ternak bagi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kelurahan Roworena Barat, Kecamatan Ende Utara yang berada di bawah naungan Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Sabtu (25/6/2022). Kegiatan penyaluran bantuan dan pelatihan tersebut berlangsung di Aula Kantor BPP dan dihadiri oleh Manager Bagian Pengendalian Proyek PT PLN UPP Nusra II, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Camat Ende Utara, Lurah Roworena Barat, Kepala BPP Ende Utara, serta 31 peserta dari Kelompok Tani dan 6 orang penyuluh pertanian.

 

Dalam sambutannya, Manager Bagian Pengendalian Proyek PLN UPP Nusra II, Awal Yudinaryanto mengatakan bahwa Program PLN Peduli merupakan sebuah aksi korporasi dari pihak PLN dalam melakukan tanggung jawab kepada masyarakat luas sebagai implementasi peran pembangunan negeri, baik dari aspek sosial, budaya, maupun ekonomi.

 

“Salah satu Program PLN Peduli yang dijalankan saat ini, yakni tanggung jawab sosial dalam bentuk Coorporate Social Responsibility (CSR). Selain program CSR, ada juga Program Desa Mandiri, yaitu pembuatan Pembangkit Listrik di desa terpencil yang aksesnya jauh dari kota dan pengembangan masyarakat melalui program kemitraan dan cinta lingkungan,” ujarnya.



Awal menambahkan kegiatan yang dilakukan oleh PT PLN UPP Nusra II di tahun 2022 telah berjalan sebanyak 4 kali melalui Program PLN Peduli. Dengan adanya program tersebut, harapnya, masyarakat, khususnya para petani di Kecamatan Ende Utara bisa memperoleh nilai yang lebih baik dalam meningkatkan perekonomian di sektor pertanian dan peternakan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Marianus Alexander menyampaikan terima kasih kepada pihak PT PLN UPP Nusra II yang telah menyiapkan dan membuat Program PLN Peduli. Hal itu, imbuhnya, dapat memberikan bantuan di sektor pertanian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga tercapai nilai tambah bagi kelompok tani di Kecamatan Ende Utara. Untuk itu, Marianus berharap agar para petani yang tergabung di dalam kelompok tani tersebut bisa menerapkan seluruh ilmu dan wadah yang telah diperoleh.  


 

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Ende Utara, Zainudin Ismail. Menurutnya, Program PLN Peduli sangat bermanfaat bagi kelompok tani di Kecamatan Ende Utara. Hal itu, ujarnya, juga menjadi tantangan bagi para petani untuk dapat mengimplementasikan semua hal yang telah diperoleh dengan baik.


Sedangkan, Kepala Koordinator BPP Kecamatan Ende Utara, Antonius Jembi menuturkan, “Program bantuan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para kelompok tani di Kecamatan Ende Utara dikarenakan dapat memberikan kesempatan kepada para petani atau peternak untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pemeliharaan ternak unggas. Selain itu, dapat juga mengetahui proses pembuatan pakan ternak melalui pelatihan ini.”



Pantauan media, pihak PLN melalui Program PLN Peduli menyalurkan 40 unit mesin tetas berbasis listrik dan 1 unit mesin pakan ternak dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Ende bagi BPP Kecamatan Ende Utara. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments