Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

JELANG HARDIKNAS TAHUN 2022, PANITIA PERLOMBAAN ANTAR SMA DI TTU LAKUKAN RAPAT PERSIAPAN DAN TECHNICAL MEETING

Suasana Rapat Persiapan dan Technical Meeting Perlombaan Antar SMA jelang Hardiknas 2022 di Aula SMA Pelita Karya Kefamenanu, Kamis (31/3/2022).


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Panitia Perlombaan Antar SMA di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melakukan Rapat Persiapan dan Technical Meeting di Aula SMA Pelita Karya Kefamenanu, Kamis (31/3/2022). Kegiatan yang bertujuan untuk membahas persiapan panitia dan sekolah-sekolah dalam menyukseskan kegiatan perlombaan yang dimaksud tersebut turut dihadiri oleh Pengurus MKKS, para juri lomba, dan perwakilan guru dari 30 SMA yang berada di Kabupaten TTU.

 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua MKKS Kabupaten TTU, RD. Djanuarius Mau Kura mengatakan bahwa kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan yang bermartabat karena orang-orang yang akan terlibat di dalamnya juga bermartabat.

 

“Kita bergerak menuju peningkatan kualitas. Karena itu, berjuanglah untuk menjadi yang terbaik, salah satunya dengan cara mengalahkan sekolah-sekolah terbaik yang menjadi pemenang dalam perlombaan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujar RD. Djanuarius.

 

Sementara itu, secara terpisah, sesi technical meeting dilakukan oleh para Dewan Juri dari masing-masing mata lomba dengan perwakilan guru dari sekolah-sekolah partisipan di beberapa ruang kelas guna membahas hal-hal teknis yang berkaitan dengan perlombaan, seperti persyaratan peserta, bentuk kegiatan, jenis peserta, dan lain-lain.

 

Dalam arahan sebelum technical meeting, Ketua Panitia, Yohanes Seran, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan perlombaan akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 22-23 April 2022 di SMA Negeri Biboki Anleu.

 

“Sesuai dengan juknis yang diberikan dari provinsi, format kegiatan perlombaan ini terdiri dari dua bentuk. Pertama, peserta langsung tampil dan dinilai oleh Dewan Juri, yakni untuk lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris. Kedua, peserta mengirim rekaman video atau dokumen tertulis untuk dinilai oleh Dewan Juri pada waktu penilaian yang sudah dijadwalkan, yakni untuk lomba Karya Tulis Ilmiah, Baca Puisi, Paduan Suara, dan Vokal Solo.”

 

“Dalam technical meeting, hal-hal ini akan dijelaskan secara lebih mendalam oleh setiap Dewan Juri dan harus diperhatikan secara baik oleh para guru perwakilan sekolah, untuk selanjutnya diteruskan kepada para peserta dan digunakan selama persiapan perlombaan,” jelas Yohanes sebelum mengarahkan Dewan Juri dan perwakilan guru dari sekolah peserta lomba ke tempat technical meeting untuk setiap mata lomba.



Untuk diketahui, perlombaan tingkat SMA di Kabupaten TTU dalam rangka Hardiknas Tahun 2022 tersebut akan berlangsung dalam 6 mata lomba, yakni Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, Pembacaan Puisi, Paduan Suara, dan Vokal Solo. Berdasarkan konfirmasi langsung yang dilakukan dalam rapat tersebut, 30 SMA di Kabupaten TTU menyatakan kesediaanya untuk berpartisipasi dalam seluruh mata lomba tersebut.

 

Sedangkan, Dewan Juri berasal dari kalangan akademisi Universitas Timor, beberapa guru dan kepala sekolah, serta para seniman di Kabupaten TTU yang dipilih oleh panitia pelaksana dan terkomposisi sesuai bidang keahlian dari setiap juri lomba. Adapun setiap mata lomba akan dinilai oleh 3 orang juri.

 

Pantauan media, kegiatan technical meeting tersebut berlangsung secara lancar dan aman. Perwakilan guru dari sekolah peserta lomba mengajukan beberapa pertanyaan tentang teknis perlombaan yang kemudian dijelaskan secara detail oleh Dewan Juri. Hasil technical meeting tersebut sekaligus menjadi kesepakatan dan pegangan bagi proses persiapan, presentasi, dan penilaian dalam perlombaan tingkat SMA di Kabupaten TTU dalam rangka Hardiknas Tahun 2022. (Ino/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments