Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BANGUN KOLABORASI, MPC NTT GANDENG PASCASARJANA UNDANA

Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT bersama Tim Pascasarjana Undana.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka meningkatkan dan mengakarkan budaya literasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT membangun kolaborasi bersama Tim Pascasarjana Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Hal itu disampaikan oleh Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno ketika menghadiri kegiatan Coffee Break terkait “Gerakan Literasi sebagai Gerakan Semesta” bersama Tim Pascasarjana Undana, Selasa (8/3/2022).

 

Gusty menuturkan bahwa perkembangan dan kemajuan di segala lini kehidupan dewasa ini menuntut penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) secara baik dan berkualitas. Hal itu, tegasnya, harus dibarengi dengan pengembangan budaya literasi sebagai kecakapan baru di abad 21. Literasi, sambung Gusty, menjadi unsur penting dalam peningkatan mutu dan kualitas SDM, baik dari aspek intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial. Untuk itu, harapnya, gerakan literasi harus dipandang sebagai gerakan bersama yang menuntut kerja kolaborasi.

 

“Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT mencoba membuka ruang dan kerja kolaborasi dengan semua pihak untuk mendukung gerakan literasi sebagai gerakan semesta guna menyambut generasi emas NTT 2050 mendatang,” ujarnya.


Suasana diskusi saat kegiatan Coffee Break antara Tim MPC NTT dan Tim Pascasarjana Undana.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Undana, Prof. Drs. Felix Tans, B.Ed.,M.Ed.,P.hD mengungkapkan bahwa kerja sama tersebut harus mampu memberikan dampak yang signifikan, terutama dalam mendukung segala bentuk kegiatan literasi, baik di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat. Maka dari itu, imbuh Prof. Felix, pihaknya siap bekerja sama untuk menunjang gerakan tersebut.

 

Di sisi senada, salah satu Dosen sekaligus Penulis, Dr. Ir. Leta Rafael Levis, M.Rur.,Mnt yang turut hadir juga memberikan apresiasi atas upaya positif tersebut. Dr. Levis mengungkapkan bahwa gerakan literasi tidak bisa terlepas dari aktivitas membaca dan menulis, sehingga baginya, menulis adalah sesuatu yang menyehatkan. Namun, imbuhnya, masyarakat saat ini masih terbiasa dengan pola tutur (lisan), sehingga melalui gerakan literasi tersebut, harapnya, semua pihak bisa terdorong untuk menulis sebuah dokumentasi budaya dalam sebuah buku.



Pantauan media, kegiatan yang berlangsung pada pukul 14.00 Wita-selesai tersebut dilaksanakan di Aula Lantai III Pascasarjana Undana dan turut dihadiri oleh beberapa dosen dan penulis, di antaranya; Dr. Laurens Syahrani, MPA, Dr. Karolus Kopong Medan, S.H.,M.H, Drs. Lazarus Jehamat, M.A, Dr. Hamza R. Wulakada, SP.,M.Si, dan Dr. Karolus Budiman Jama, S.Pd.,M.Pd beserta jajaran Tim MPC NTT. (MDj/red) 


Post a Comment

0 Comments