Latest News

Saturday, 21 March 2020

SMK NEGERI KUALIN SUKSES GELAR UNBK 2020


TTS, CAKRAWALANTT.COM – SMK Negeri Kualin, Kabupaten TTS sukses menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020, Senin (16/3) hingga Kamis (19/3/2020). Kepala SMKN Kualin, Alfonsus A. Tapatab, mengungkapkan, para guru, orang tua murid dan semua peserta didik merasa bersyukur karena di tengah merebaknya wabah corona virus yang menyerang seantero dunia, UNBK SMK tetap berjalan dengan baik. Walau pada hari kedua sempat ada pemadaman listrik secara tiba-tiba namun hal itu teratasi dengan adanya ketersediaan genset.

“Jumlah peserta didik Kelas XII yang mengikuti UN pada tahun ini 112 orang. Rinciannya, Program Keahlian ATPH berjumlah 46 orang, Agribisnis Budi Daya Perairan 17 orang, Agribisnis Ruminansia 19 dan Agribisnis Ternak Unggas berjumlah 30 orang. Dalam pelaksanaan ujian tersebut para peserta didik menggunakan satu ruangan dengan komputer sebanyak 38 unit. Pelaksanaan ujian tersebut dibagi dalam tiga sesi setiap hari,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa di SMK Kualin terdapat empat program keahlian yaitu, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (APTH), Agribisnis Budi Daya Perairan, Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Ternak Ruminansia. Empat program keahlian ini memberikan warna tersendiri bagi SMK Negeri Kualin dimana masing-masing program keahlian memiliki unit produksi tersendiri walaupun dalam skala kecil. Ini menjadi suatu hal yang dapat memberikan contoh bagi masyarakat untuk produktif yaitu lewat unit produksi yang ada.

Dirinya berharap agar para peserta didik yang akan menamatkan pendidikannya di SMK Negeri Kualin untuk bisa hidup mandiri, karena menurutnya selama tiga tahun bersekolah sudah dibekali dengan berbagai ilmu terlebih kepada program keahliannya masing-masing. Oleh karena itu, ungkapnya, sangat diharapkan agar para output dari sini bisa membuka lapangan kerja demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

“Para output yang ingin memperdalam lagi pengetehuan sesuai program keahlian boleh melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, sementara bagi yang tidak lanjut diharapakan untuk dapat berupaya dan bisa hidup mandiri. Sementara untuk program keahlian ATPH yang tidak kuliah terutama bagi yang laki-laki itu harus bekerja di lahan-lahan dari para pengusaha seperti kebun pepaya, kebun kelor, dan lahan pembibitan yang dipromosi langsung oleh PPMT Soe,” pesannya.

Marsel Liunokas, salah satu anggota kepolisian Polsek Kuain yang hadir memantau pelakasanaan UNBK di sekolah tersebut mengatakan, pelaksanaan UN dari hari pertama hingga hari terakhir dapat berjaan dengan baik dan lancar. Dirinya juga berterima kasih kepada pihak sekolah karena telah membangun kerja sama yang baik dengan berbagai elemen masyarakat yang ada dan juga dapat melibatkan semua pihak baik orang tua murid, badan pengurus komite dan pihak keamanan sendiri. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment