Latest News

Friday, 6 September 2019

SMAN 1 WULLA WAIJILU GELAR KEGIATAN RAMAH LINGKUNGAN

Benyamin Nimrod Jutalo, S.T

Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM – SMAN 1 Wulla  Waijilu, Sumba Timur, menggelar kegiatan ramah lingkungan sebagai wujud peduli lingkungan di kompleks sekolah, Rabu (28/8/2019). Kegiatan bertema “Bersih itu Sehat” tersebut diikuti oleh peserta didik kelas X dan kelas XI  beserta para guru dan pegawai SMAN 1 Wulla  Waijilu.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut, Kepala SMAN 1 Wulla  Waijilu, Benyamin Nimrod Jutalo, S.T., yang diwakili oleh Wakasek Kurikulum, Marta Koni Kaka, S.Sos., mengatakan, kegiatan ini bertolak dari kebiasaan peserta didik membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga kompleks sekolah dicemari oleh sampah yang berserakan. Misalnya, sobekan kertas buku, bekas air minum kemasan, kertas plastik, kertas nasi, serta kemasan gula-gula yang dibuang di lingkungan sekolah secara tidak bertanggung jawab. Akhirnya lingkungan sekolah tercemar oleh sampah yang berserakan di mana-mana.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini, yang kongkretya dalam bentuk pembuatan tempat sampah, sebagai wadahnya adalah karung yang pada bagian atasnya terdapat kalimat persuasif atau ajakan yaitu OSIS SMAN 1 Wulla Waijilu, Buanglah Sampah pada Tempatnya, yang berada pada tiga puluh titik di kompleks SMAN 1 Wulla Waijilu. Diharapkan seluruh warga sekolah membuang sampah pada wadah yang sudah disediakan yang tersebar di depan pelataran kelas, kantin, kantor, pelataran ruang guru, halaman sekolah. Pada bagian belakang sekolah juga telah disiapkan bak penampungan sampah berjumlah empat unit,” jelasnya.

Sementara itu Pembina OSIS SMAN 1 Wulla Waijilu, Damianus Weru, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan Ramah Lingkungan yang diselenggarakan oleh OSIS SMAN 1 Wulla  Waijilu merupakan program kedua yang sasarannya pada lingkungan sekolah. Sebelumnya, pertama dilaksanakan oleh kepengurusan OSIS periode 2018/ 2019 dengan tema Green School atau penghijauan sekolah.

Setelah kegiatan tersebut berhasil, maka  pada kali ini OSIS periode 2019 /2020 melalui seksi atau biro Lingkungan hidup juga melaksanakan kegiatan yang sasarannya sama, yaitu pada lingkungan sekolah, serta  menjadi program perdana bagi OSIS SMAN 1 Wulla Waijilu pada periode ini. Ini dilakukan dengan tujuan menciptakan lingkungan sekolah yang rindang, bersih, berseri, serta warga sekolah merasa nyaman berada di kompkeks sekolah sehingga sekolah menjadi taman belajar bagi peserta didik dan warga sekolah umumnya,” jelasnya. (Damianus Weru/red)



comments

No comments:

Post a Comment