Latest News

Saturday, 6 May 2017

Da Cruz Salu: Oecusse Eno Naek - Neso Naek

Da Cruz Salu bersama masyarakat  petani di Oecusse
TTU, Cakrawala NTT - Oecusse ibukota distric Ambeno Negara Demokratic Timor Leste berbatasan langsung dengan Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur Tengah digadang menjadi  kota  model awal pembangunan. Pemerintah pusat menitik beratkan arah pembangunan di Oecusse guna   menuntaskan berbagai program pembangunan secara umum. Pendidikan, pertanian, dan kesehatan menjadi skala prioritas disusul  program-program pembangunan lainnya. Menjadikan Oecusse “Eno Naek - Neso Naek” (Garda Terdepan, red.) dan contoh pembangunan awal, Menteri Muda Urusan Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Regio, Da Cruz Salu bertekat bekerja secara maksimal  melibatkan semua element.

Kepada Cakrawala NTT, Senin (15/5) pagi di Kefamenanu, Da Cruz Salu mengatakan bahwa Oecusse dalam sejarah Timor di kenal sebagai kota awal masuknya Agama Katholik Roma sekaligus  Ibukota Timor Leste. Beralasan jika Oecusse menjadi model pembangunan untuk distric lain dalam bingkai NDTL. Infrastruktur pembangunan fisik dan non fisik pascakemerdekaan secara bertahap terus aktif. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan sebagai peletak dasar pendidikan, program pendidikan Magister, dan tenaga ahli medis serta penguatan pembangunan ekonomi masyarakat pedesaan melalui pembangunan infrastruktur non fisik  sebagai investasi nasional Timor Leste.

Da Cruz Salu memegang majalah (kaos putih, kedua dari kanan)
“Iya, saat ini kita tengah membangun di berbagai bidang. Pendidikan, pertanian dan kesehatan adalah  program unggulan dan merupakan  investasi Negara. Pembangunan fisik seperti jembatan, jalan raya, dan bandar udara sama halnya dalam proses pengerjaan. Oecusse harus menjadi model awal pembangunan  Timor Leste dan bukan hanya sebagai sebuah sejarah. Program pembangunannya bertahap baik  jangka pendek maupun jangka panjang. Pemerintah menginginkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang handal serta penataan kota yang excellent. Sumber daya alam Oecusse menjanjikan. Masyarakat kita gerakkan terus bekerja. Pemerintah menyiapkan sarana pendukung. Kondisi masyarakat saat ini  relative membaik soal sandang, pangan, maupun perumahan,” ungkap Da Cruz Salu  didampingi salah satu saudaranya Nico Salu.
                   
Bersama sang tulang rusuk, Titi dan dua putrinya Lucilene Risagia Sequiera Salu dan Tigia  Salu, Magister Studi Pembangunan jebolan salah satu Perguruan Tinggi di Selandia Baru ini berbicara banyak soal pembangunan di Kabupaten Ambeno yang sementara berproses. Da Cruz Salu transit sebentar di Kefamenanu usai melakukan kunjungan kekeluargaan  di Kota Kupang bersama keluarga.

Alumnus SMA St. Yosef Dili akrab disapa Pak Regio menambahkan, saat ini pemerintah Distric  Ambeno mengidentifikasi 5 zona potensi unggulan untuk meningkatkan pembangunan sesuai rencana tata ruang dan kota. Potensi-potensi unggulan akan ditingkatkan dan didesaign  bertaraf internasional. Da Cruz Salu sempat bertatap muka dengan Domi Sonbai anggota DPRD II TTU dan Robert Tannur pengusaha di Kefamenanu di Hotel Livero sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Oecusse-Timor Leste. (Gervas)
comments

No comments:

Post a comment