Latest News

Wednesday, 26 April 2017

Berusia 32 Tahun, SMPN 3 Kota Komba Belum Miliki Ruang Perpustkaan dan Laboratorium


Borong, Cakrawala NTT-Fasilitas di sebuah institusi pendidikan merupakan salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, keberadaan sarana dan perasarana ini akan menunjang berlangsungnya kegiatan akademik dan non akademik siswa-siswi serta mendukung terwujudnya proses belajar-mengajar yang kondusif.

Namun, tidak jarang ditemukan ada banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas belajar. Salah satu diantaranya ialah SMPN 3 Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang hingga kini belum memiliki Perpustakaan dan juga Laboratorium. Ketiadaan perpustkaan dan laboratorium di SMPN 3 Kota Komba ini merupakan salah satu masalah krusial sekolah tersebut.

Kepala SMPN 3 Kota Komba, Paulus Edi Sumsius ketika ditemui di ruang kerjanya berujar, “Selama ini kami masih memiliki kekurangan-kekurangan, terutama ruang perpustakaan dan laboratorium.”

Dirinya menjelaskan bahwa keberadaan perpustakaan dan laboratorium sekolah itu sangat penting karena dapat meningkatkan ketajaman berpikir para siswa sekolah ini. Tidak adanya perpustakaan membuat buku-buku yang telah dibeli tidak bisa disimpan secara baik. Alhasil, buku-buku yang ada disimpan seadanya di ruang belajar siswa.

“Laboratorium di sekolah ini juga tidak ada. Peralatan juga kami tidak punya. Yang ada hanya peralatan-peralatan sederhana, sebab pengadaan peralatan yang bagus tidak didukung oleh dana yang ada. Kalau kami mengharapkan dana BOS, tidak akan bisa. Dana BOS juga bukan kita mau bangun gedung sepenuhnya, tetapi hanya sebagai dana rehab gedung. Sampai sejauh ini, kami tidak pernah mendapatkan sumbagan apa-apa dari pemerintah untuk membangun ruangan perpustakaan dan laboratorium,” sambung Paulus. Ia pun berharap agar pemerintah memperhatikan sekolahnya, terutama berkaitan dengan pembangunan gedung perpustakaan dan juga laboratorium.

Sementara itu kepala perpustakaan SMPN 3 Kota Komba, Kristoforus Kun Panis mengatakan bahwa SMPN 3 Kota Komba adalah SMPN yang sudah lama berdiri. Sampai pada saat ini, sekolah tersebut kurang lebih berusia 32 tahun, namum belum memiliki gedung perpustakaan dan juga laboratorium.

“Keberadaan fasilitas seperti perpustakaan dan laboratorium sangat penting untuk sekolah, sehingga permintaan kami, SMPN 3 Kota Komba ialah agar pemerintah dapat menyediakan fasilitas ini agar siswa dapat menikmati proses belajar mereka secara lebih baik,” ujar Kristoforus. (Mulia Donan)
comments

No comments:

Post a comment