Latest News

Tuesday, 8 November 2016

Bernardus: Pelatihan Menulis Itu Penting

Waingapu, Cakrawala NTT


“Melalui pendidikan dalam hal membaca dan menulis, masyarakat dapat menjadi manusia atau pribadi yang cerdas, terampil dan mandiri. Manusia berkualitas dengan kompetensi yang besar merupakan modal penting dalam sebuah kesuksesan diri.”
Hal tersebut disampaikan  oleh  Plt. Bernardus Ng. Nggaba, S.Ag. saat membuka kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnalistik yang diadakan di SMAN 2 Waingapu yang dimulai pada Senin-Selasa(10-11/10/2016).
 Kegiatan tersebut melibatkan para guru dan siswa/siswi . 25 siswa-sisiwi yang juga dipilih dari kelas X dan XII (jurusan bahasa, IPA dan IPS). Narasumbernya berasal dari Media Pendidikan Cakrawala NTT (MPC NTT). Nimrot Njukabani,S.Pd. (ketua tim formator Cakrawala NTT wilayah Sumba Timur), Robertus Fahik, S.Fil, M.si (wartawan dan editor), Melvianus Djami S.Pd (wartawan /fotografer)dan Robertus Kaka, S.S. (wartawan dan editor).
“Kegiatan ini juga merupakan suatu pedoman dan solusi untuk menambah wawasan para siswa sehingga terus meningkatkan dan menumbuhkan daya saing yang kuat,” kata Bernadus.
Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk para siswa tetapi juga para guru.  Salah satu syarat bagi para guru dalam proses kenaikan pangkat/ golongan yakni mengharuskan para guru untuk dapat mempublikasikan karya tulis ilmiah. Pelatihan ini diadakan guna  membantu para guru dalam menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan dan dipertanggungjawabkan.
Lebih dari itu, kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling berharga untuk mengasah otak dan menumbuhkan kemampuan generasi masa kini terutama bagi para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut khususnya dalam hal membaca dan menulis.
“Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada tim Cakrawala NTT karena telah datang untuk membantu para siswa mengembangkan kreativitas dan karya-karya yang dimiliki. Harapan saya terhadap sekolah ini setelah kegiatan ini berakhir adalah sahaat-sahabat saya mampu untuk mengembangkan kreativitas mereka lewat majalah dinding yang telah tersedia agar setiap karya-karya mereka dapat dibaca oleh orang lain dan juga dapat memotivasi siswa-siswa lain untuk berkarya,”ungkap Sinta, salah satu siswa peserta kegiatan. 

 “Walaupun guru sudah memiliki pengetahuan , guru juga harus tetap belajar karena tidak semua pengetahuan telah dimiliki  oleh masing-masing guru. Ketika guru mencakup tidak hanya satu pengetahuan maka itu menjadi modal ketika mendampingi peserta didik sehingga peserta didik memiliki kualitas dan kompetensi yang bersinergi yang dapat dibanggakan melalui keberhasilan peserta didik itu sendiri,” jelas Barnabas. (Helena Ole_Siswa SMAN 2 Waingapu)
comments

No comments:

Post a comment