Latest News

Tuesday, 8 October 2019

MGMP MENUNJANG MUTU PENDIDIKAN


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai proses inovasi pembelajaran sangat menunjang mutu pendidikan di NTT khususnya di Manggarai Timur. Hal ini disampaikan Koordinator Pengawas Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT wilayah Kabupaten Manggarai Timur, Lukas Sumba S.Fil., dalam rapat bersama MKKS dan para kepala SMA se-Kabupaten Manggarai Timur, Jumat (4/10/2019) di Borong.

Di hadapan peserta, Lukas Sumba menekankan pentingnya peran MGMPsebagai organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di kelas. Karena itu perlu adanya MGMP untuk bersama-sama mengkomunikasikan berbagai permasalahan yang ikut pelaksanaan tugas guru mata pelajaran di dalam pembelajaran. Ke depan, keputusan yang dibuat oleh kepala sekolah perlu dimuat dalam RencanaKerja Jangka menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT), termasuk MGMP.

“Saya menghimbau MGMP yang selama ini berjalan sendiri-sendiri, kini sebaiknya mulai membenahi diri sebagai satu organisasi guru. Tujuannya agar permasalahan yang dihadapi guru mata pelajaran dapat teratasi secara bersama-sama. Selanjutnya menyangkut  sistem dalam MGMP, harus berkesinambungan antara MKKS  dan guru mata pelajaran teristimewa program yang dibuat bersama sehingga tidak tumpang tindih dan tidak terkesan mendadak,” ungkapnya.

Dirinya berharap, MGMPyang berhubungan erat dengan para guru mampu menjawabi segala persoalan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas serta dalam kebersamaan membuat inovasi baru tentang mutu pendidikan. Hanya melalui MGMP dapat menemukan kendala atau masalah dan  bisa dicari solusi secara tepat dan benar. (Ino Sengkang/red)



comments

No comments:

Post a Comment