Latest News

Sunday, 22 September 2019

SMP DAN SMA NURUL FALAH KEFAMENANU GELAR KEMAH PRAMUKA



TTU, CAKRAWALANTT.COM – SMP Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMA Nurul Falah Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar perkemahan pramuka di Biinmaffo Recidence, Kelurahan Tublobo, Kecamatan Kota Kefamenanu, Senin (9/9/2019) hingga Kamis  (12/9/2019). Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun sekolah dan gudep dua lembaga pendidikan tersebut juga dihadiri sejumlah tamu undangan seperti gudep SMAN 1 Kefamenanu, gudep SMPN Neonbat, TNI Yonif 744, serta beberapa instansi lingkup Pemerintah Kabupaten TTU.

Kepala SMP MTs Nurul Falah Kefamenanu, Desi Arsiani, S.Pd., dan pembina gudep, Abdullahi, S.Pd., kepada media ini menuturkan bahwa berbagai kegiatan selama empat hari di lokasi perkemahan berlangsung lancar sesuai rencana. Mental dan karakter anak dibentuk melalui kegiatan-kegiatan pramuka sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Tanpa memandang latar belakang peserta didik, suasana persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan tercipta, peserta menjadi akrab dalam satu lingkaran besar.  

Menurut Desi Arsiani, kedua sekolah dengan gudep masing-masing 085-086 (SMP) dan 082-083 (SMA) kini memasuki usia yang ke-2. Semenjak dikukuhkan kedua gudep tersebut, kegiatan pramuka aktif dilakukan. Hasilnya anak-anak semakin terampil dan disiplin, baik SMP maupun SMA.

“Selama perkemahan, anak-anak belajar bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan patriot giat melaksanakan amanat penderitaan, ikhlas berkorban untuk keadilan dan kemuliaan Indonesia, bergotong-royong, dipercaya, bersusila dan berbudi luhur, hemat, cermat dan bersahaja, pantang menyerah, bertanggung jawab dan berwatak ksatria serta bertindak secara disiplin sesuai amanah dasa dharma pramuka,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, terdapat sejumlah kegiatan ekstrakurikuler selama perkemahan yakni lomba tarian kreasi antar penggalang dan penegak, lomba PBB, lomba pidato, baca Alkitab, vocal group, penataan tenda, mencari jejak, dan kegiataan lainnya sesuai panji-panji pramuka. 

“Kegiatan lainnya adalah sosialisasi dari lembaga Grahita NTT oleh pak Adi. Sosialisasi berkaitan dengan kepentingan masa depan anak. Total siswa dan guru serta pegawai tata usaha SMP MTs dan SMA Nurul Falah selama kegiatan perkemahan yakni 282 anak 35 orang guru serta pegawai tata usaha,” lanjut Desi.  (Gervas Salu)                   
 

comments

No comments:

Post a Comment