Latest News

Saturday, 24 August 2019

YUNUS OSA DINGU: PESERTA DIDIK PERLU BUKA WAWASAN


Sumba Timur, CAKRAWALNTT.COM – Kepala SMAN 1 Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Yunus Osa Dingu, S.Pd., meminta peserta didiknya agar perlu membuka wawasan berpikir serta wawasan pengetahuannya. Permintaan ini disampaikannya pada hari kedua kegiatan Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis di sekolah tersebut, Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan generasi muda untuk berkompetisi dalam meraih berbagai prestasi. Dalam konteks tersebut, tegasnya, peserta didik sebagai generasi masa depan perlu mempersiapkan dirinya dengan wawasan yang luas baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam berbagai keterampilan yang dikuasainya.

“Anda perlu bersyukur karena tidak semua sekolah mengadakan kegiatan seperti ini, dan di sekolah ini tidak semua siswa dilibatkan. Karena itu apa yang telah didapat dari kegiatan ini harus dikembangkan. Benih ilmu yang telah ditabur selama dua hari ini harus ditumbuhkan di dalam diri Anda,” harapnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Lewa, Drs. Soleman St. Weepanoka, Jumat (23/8/2019). Peserta yang dilibatkan berjumlah 70 orang, perwakilan kelas X, XI, dan XII, serta sejumlah guru pendamping. Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Nimrot Ndjukambani, S.Pd (Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur/Formator Cakrawala NTT) dan Robert Fahik, M.Si (Pemimpin Redaksi Cakrawala NTT).

Selama dua hari peserta dibekali dengan materi seputar literasi khususnya literasi baca-tulis. Peserta pun didampingi dalam menghasilkan beberapa karya tulis seperti karangan narasi, buku harian, dan puisi. Sesuai kesepakatan antara Media Pendidikan Cakrawala NTT dengan pihak sekolah, hasil karya peserta selanjutnya akan melewati proses penyuntingan dan dipublikasikan pada majalah dinding sekolah, majalah Cakrawala NTT, serta diterbitkan dalam bentuk buku. (rf/red)


comments

No comments:

Post a Comment