Latest News

Friday, 26 July 2019

LIMA SMP DI KOTA SOE SUKSES IKUTI BIMTEK KTI DAN JURNALISTIK


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Sebanyak lima sekolah di Kota Soe, Kabupaten TTS, sukses mengikuti kegiatan Bimtek Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi para guru dan Jurnalistik bagi siswa, terhitung Senin (22/7) hingga Rabu (24 /7/2019) bertempat di aula SMP Kristen 3 Soe. Lima sekolah tersebut yakni SMP Sint Vianney, SMP Kristen 1, SMP Kristen 2, SMP Kristen 3, dan SMP Kristen Harapan Soe. Masing-masing sekolah mengutus 5 guru dan 10 siswa. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan TTS melalui Badan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (BP MKKS) SMP/MTs/SMPTk, dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si. Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih kepada tim  Media Pendidikan Cakrawala NTT yang  telah turut berperan dalam meningkatkan mutu pendidkan di Kabupaten TTS melalui bimtek karya tulis ilmiah bagi guru dan jurnalistik bagi siswa.

“Untuk sekarang  kita bergerak  di  tingkat SMP, setelah selesai kita mulai pada tingkat SD. Untuk SD nanti kita buatkan tingkat kecamatan, jika memang tingkat kecamatan terlalu banyak maka kita akan bagi melalui gugus masing-masing, tapi kita harapkan bahwa semua guru bisa ikut  tanpa terkecuali. Contohnya,  di SMPN 3 Soe ada guru yang sudah mau pensiun tahun depan tetapi ikut dalam kegiatan tersebut, ini artinya ilmu tidak sebatas kita aktif sebagai guru tetapi ilmu akan kita bawa sampai dengan kita masuk lubang kubur. Oleh karena itu saya menghimbau agar semua yang berprofesi sebagai guru honor maupun PNS agar semuanya bisa ikut kegiatan seperti ini,” jelasnya.

Sipa juga berpesan kepada semua peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi para guru lain yang belum terlibat. Begitupun para siswa yang sudah ikut agar memberikan motivasi kepada teman-teman yang belum dilibatkan.

“Saya menyampaikan terima kasih untuk perwakilan dari peserta didik  karena mereka yang hadir ini adalah pilihan Tuhan untuk mengikuti kegiatan ini dan yang akan merasakan manfaat dari kegiatan ini adalah mereka  semua yang sekarang hadir. Kemarin di SMPN 3 Soe mereka dibimbing memberikan gambaran bagaimana bisa menulis dalam tempo yang begitu singkat yakni  setengah jam atau 1 jam tapi rata-rata yang mengikuti pembimbingan 1 jam itu semuanya mampu menulis apa yang mereka pikirkan saat itu dan menuangkan dalam sebuah tulisan. Kadang kita mau menulis tapi mau mulai dari mana itu kelemahan kita, yang dilakukan peserta didik kemarin bahwa memulai dengan apa yang dipikirkan sekarang. Banyak peserta didik yang menghasilkan tulisan yang bagus ketika diminta untuk  membacakan kembali terkait apa yang mereka tulis,” tuturnya. (lenzho/rf/red)

comments

No comments:

Post a Comment