Latest News

Sunday, 28 July 2019

KOMUNITAS AMI MALAKA GELAR “SENJA BACA BUKU GRATIS”


Malaka, CAKRAWALANTT.COM – Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Anak Malaka Seni (AMI) Malaka berinisiatif menggelar kegiatan literasi bertajuk “Senja Baca Buku Gratis” (SBBG), Sabtu (27/7/2019) petang, di Lapangan Umum Betun, Kabupaten Malaka. Kepada CAKRAWALANTT.COM, salah seorang koordinator Komunitas AMI Malaka, Putra Niron, menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh komunitas yang juga belum lama terbentuk.  Bermodalkan buku-buku bacaan koleksi pribadi dari setiap anggota AMI Malaka, kegiatan baca buku ini akhirnya digelar dan setidaknya mendapat respon positif dari beberapa orang tua yang kebetulan melintas dan melihat buku-buku yang digelar. Kegiatan ini selanjutnya akan rutin digelar setiap Sabtu mulai pukul 17.00 – 19.00.

“Sasaran SBBG untuk sementara adalah anak-anak usia SD – SMP. Namun tetap terbuka untuk umum. Hal ini juga dikarenakan keterbatasan bahan bacaan yang dimiliki oleh AMI Malaka. Untuk itu para anggota AMI Malaka masih harus tetap mengumpulkan bahan bacaan yang sesuai. Selain menyediakan bahan bacaan, beberapa anggota AMI Malaka juga bersedia membimbing anak-anak dalam belajar bersama secara gratis,” tuturnya.

Koordinator Komunitas AMI Malaka lainnya, Delfi Samara, menambahkan, SBBG merupakan salah satu kegiatan literasi yang digagas komunitasnya. SBBG boleh dikatakan sebagai yang termuda dari beberapa kegiatan literasi yang telah lebih dulu lahir. Hadirnya SBBG tidak dimaksudkan untuk menyaingi kegiatan literasi lainnya tetapi mendukung geliat literasi yang sudah ada di Malaka dan secara perlahan membantu mendekatkan kembali  budaya baca buku pada masyarakat.

“Karena membaca merupakan hak setiap orang dan tidak hanya saat berada di sekolah atau di kampus. Para anggota AMI Malaka sepakat bahwa membaca bukan sebagai aksi untuk bergagah-gagahan. Tetapi aksi untuk menambah isi kepala. Mari luangkan waktu untuk membaca,” tuturnya. (red)



comments

No comments:

Post a Comment