Latest News

Wednesday, 17 July 2019

KASDIM 1621/ TTS, MAYOR INF. I MADE RASTINA BERI MATERI WAWASAN KEBANGSAAN BAGI 292 PESERTA DIDIK BARU DI SMPN 3 SOE

TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru, Kasdim 1621/TTS, Mayor  Inf. I Made Rastina memberikan materi  tentang Wawasan Kebangsaan  kepada 292 peserta didik baru di Aula SMP Negeri 3 Soe, Selasa (16/7/19).

Usai memberikan materi  kepada para peserta didik, kepada CAKRAWALANNTT.COM, Rastina mengatakan  bahwa  kegiatan ini bermuara dari MoU antara Panglima TNI beserta  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  terkait dengan kewajiban melaksanakan MPLS bagi peserta didik  SD, SMP, dan SMA.

Ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, tentunya materi yang sudah disampaikan itu berkaitan dengan pendidikan wawasan kebangsaan, pendidikan bela negara termasuk pendidikan karakter  secara teori. Sementara prakteknya yaitu peraturan militer dasar, khususnya Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan peraturan penghormatan militer,” jelas Rastina.

Dirinya juga berharap agar para peserta didik sebagai generasi penerus bangsa  dapat memiliki budi pekerti yang baik serta  wawasan yang luas.  Menurutnya, hal itu sangat penting diberikan kepada mereka sebagai modal karena di era global. Pemberian materi ini juga sekaligus memotivasi para peserta didik agar saling menghargai sesama teman, guru, orang tua, serta masyarakat pada umumnya.
Baginya, pendidikan semacam ini juga mampu menghindarkan anak-anak dari kecenderungan konflik dengan kekerasan.

“Maka dengan itu untuk menghindari konflik yang akan terjadi sesama siswa dalam satu sekolah maupun dengan sekolah lain maka itu pemerintah memberi perhatian khusus kepada peserta didik terkait dengan  wawasan kebangsaan. Lebih dari  itu juga sebagai motivasi kepada anak-anak yang ingin menjadi Polisi, TNI, atau ASN di suatu saat nanti,” tambah Rastina.

Pantauan media ini, para siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pemaparan materi tampak kreatif dan menyenangkan, pasalnya selain memberikan materi  juga diputarkan beberapa video terkait tugas TNI sendiri dalam membela bangsa yang dapat memotifasi para peserta didik.

Sementara Kepala SMP Negeri 3 Soe, Omarmi I. Liu mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1621/TTS yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan materi terkait dengan Wawasan Kebangsaan serta motivasi kepada para peserta didik baru agar terus belajar demi mencapai masa depan yang gemilang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas P dan K TTS yang terus membangun komunikasi yang baik dan juga kepada semua panitia PPDB yang telah melaksanakan kegiatan MPLS dengan baik. (LZ/RZ)
comments

No comments:

Post a Comment