Latest News

Saturday, 1 June 2019

DUA PESAN PENTING DALAM PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA 1 JUNI


Gambar: www.google.com
Jakarta, CAKRAWALANTT.COM – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari kelahiran Pancasila. Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pada Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 yang diunggah pada laman www.bpip.go.id., Plt. Kepala BPIP Republik Indonesia, Hariyono, menyebut dua hal penting yang menjadi pesan yang perlu dimaknai dalam peringatan hari kelahiran Pancasila.

Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia seagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “JAS MERAH”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi Negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi Negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Di akhir sambutan tersebut, Hariyono menegaskan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, idelogi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila. (rf/disadur dari: www.bpip.go.id)


comments

No comments:

Post a Comment