Latest News

Friday, 31 May 2019

SENSI MILO: GURU HARUS KELUAR DARI ZONA NYAMAN


Ngada, CAKRAWALANTT.COM – GURU selalu berada di zona nyaman. Merasa sudah puas dengan apa yang ada. Maka yang terjadi, metode mengajar tidak pernah berubah, tetap berada di golongan yang sama bertahun-tahun, tidak mengikuti perkembangan. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Drs. Vinsensius Milo,M.M., ketika menghadiri Bimtek Karya Tulis Ilmiah bagi guru di Kecamatan Bajawa Utara, beberapa waktu lalu. 

Dalam kegiatan yang digagas Media Pendidikan Cakrawala NTT bersama K3S Kecamatan Bajawa Utara tersebut, dirinya meminta para guru untuk keluar dari zona nyaman. Hal ini penting mengingat peran guru sangat besar dalam membangun sebuah bangsa.

“Cuma satu harapan saya, guru-guru harus selalu bisa ikuti perkembangan tuntutan. Saya yakin semua bisa. Secara empiris terbukti kita bisa. Dulu waktu D2 dan seterusnya, sampai jadi sarjana. Lalu kenapa tidak naik pangkat? Persoalannya mau atau tidak mau. Guru selalu berada di zona nyaman. Ini bukan soal kandas di golongan 4A, misalnya. Tapi soal integritas, ekspektasi diri. Motivasi harus dari dalam diri. Kegiatan ini bagi saya baru proses awal tinggal teman-teman manfaatkan kesempatan. Saya harus datang untuk sampaikan bahwa kegiatan pengembangan diri penting, membuat kita semakin bisa mengaktualisasikan diri. Hal lainnya, bahwa pendekatan pendidikan harus pada siswa aktif. Metode banyak sekali. Peru diingat, peran paling besar dalam sebuah bangsa adalah guru. Negara mau jadi apa tanpa guru. Guru adalah leading sector yang punya tanggung jawab besar.” (rf/primus)    

comments

No comments:

Post a Comment