Latest News

Friday, 26 April 2019

SONGSONG HARDIKNAS, MKKS MATIM GELAR RAPAT PEMANTAPAN


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Menyongsong Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2019 mendatang, Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Manggarai Timur menggelar rapat pemantapan lomba. Rapat dilaksanakan di SMAK Pancasila Borong, Kamis (25/4/2019), dihadiri Koorwas Manggarai Timur, Ketua MKKS Manggarai Timur, puluhan kepala sekolah dan guru.

Ketua MKKS Manggarai Timur, Leksi Naluk, S.Pd., menyampaikan bahwa rapat tersebut dilaksanakan sesusai kesepakatan sebelumnya demi memantapkan persiapan berbagai lomba jelang hardiknas.

“Pada hari ini kita harus segera persiapan semua, apa yang akan kita lakukan mulai dari perlombaan dan  segala sesuatu kita siapkan sebaik mungkin dan nanti kegiatan kita serahkan ke Romo Ardus karena kita sudah percayakan beliau sebagai ketua panitia yang meng-handle kegiatan ini,katanya.

Terkait mata lomba, Aleks Naluk menyebut akan ada cerdas cermat, lomba literasi, cerpen, puisi, dan komik. Sesuai kesepakatan, kegiatan akan dilaksanakan hari Senin (29/4/2019), bertempat di SMA Pancasila Borong. Adapun juri akan didatangkan dari STIP Ruteng.

“Lalu terkait dengan O2SN, sampai hari ini tinggal menunggu waktu untuk memulai kegiatan itu karena sampai saat ini kita belum mendapat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi NTT tentang jadwal kegiatan. Pada intinya kita selalu siap. Dengan kita mempersiapkan perlombaan menyongsong hardiknas ini maka tidak ada kesulitan nanti untuk mengikuti kegiatan O2SN,tegas Kepala SMAN 5 Poco Ranaka ini.

Pada kesempatan tersebut, Ketua panitia kegiatan, Rm. Eduardus Sateng Tanis, Pr., menjelaskan beberapa hal teknis. Untuk lomba literasi yakni cipta puisi dan cerpen, tuturnya, terdapat gambaran umum, syarat dan ketentuan yang menjadi kewajiban peserta dan sekolah. Dalam diskusi terakhir bahwa tidak disiapkan naskah dari masing-masing sekolah.

Peserta masuk ke dalam ruangan diberi waktu 140 menit sebelum ada penjelasan dianjurkan untuk menulis puisi dan menulis cerpen. Syarat dan ketentuan umum, pertama lomba terbuka untuk siswa-siswi kelas 10 dan kelas 11 SMA. Kedua, peserta Individual. Ketiga, setiap sekolah mengirim atau menentukan 1 orang siswa atau siswi untuk setiap mata lomba. Keempat, peserta mencipta atau menyusun cerpen atau puisi pada saat lomba berlangsung. Kelima, panitia lomba menyiapkan kertas sesuai dengan kebutuhan kecuali alat tulis disiapkan oleh peserta lomba sendiri. Keenam, hal-hal lain akan ditentukan dalam rapat teknis panitia dan disampaikan kepada para peserta lomba pada saat lomba. Kedelapan, tim juri ditentukan oleh panitia lomba,” tutur Romo Ardus, menjelaskan kriteria salah satu mata lomba.

Pantauan media ini, rapat persiapan lomba yang dipimpin Sekretaris MKKS Manggarai Timur, Ferdinandus Fifardin, S.Pd., berjalan lancar. Dalam rapat tersebut, Kepala SMAS K Pancasila Borong, Rm. Hermenegildus Sanusi, Pr., menegaskan, pihaknya siap menjadi tuan rumah dalam kegiatan tersebut. Rapat tersebut diisi dengan seremonial penyerahan buku karya guru Manggarai Timur berjudul Guruku Hebat, Guruku Sayang oleh pimpinan umum Media Pendidikan Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, S.Fil. Adapun buku tersebut diterbitkan berkat kerja sama MKKS Manggrai Timur dengan Media Pendidikan Cakrawala NTT. (Ino sengkang)



comments

No comments:

Post a Comment