Latest News

Friday, 26 April 2019

OMARMI LIU: UNBK MENGHEMAT BIAYA DAN TENAGA


Omarmi I. Liu, S.Pd., M.Si
TTS, CAKRAWALANTT.COM – Kepala SMPN 3 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Omarmi I. Liu, S.Pd., M.Si., menyebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lebih menghemat biaya maupun tenaga. Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/4/2019), Omarmi Liu mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama sekolahnya melaksanakan UNBK, namun dirinya menilai bahwa pelaksanaan UNBK memiliki keunggulan, salah satunya yakni penghematan biaya maupun tenaga.

“Pelaksanaan UNBK ini merupakan perdana tetapi kami bersyukur karena walaupun perdana namun para siswa-siswi bisa menggunakan komputer, baik itu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) maupun Ujian Nasional yang semuanya berbasis komputer. Dengan melaksanakan UNBK kami merasa bahwa lebih hemat biaya maupun tenaga,” tuturnya.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS  yang telah memberikan dorongan serta motivasi untuk melaksanakan US maupun UN berbasis komputer.

“Saya mengucapkan terima kasih khusus untuk Kepala Dinas P dan K, Kepala Bidang Pembinaan SMP, Koordinator pengawas pembina SMP Negeri 3 Soe, Bapak Yosafat Saekoko, M.Pd., karena beliaulah yang sering memberikan dorongan serta motivasi penuh demi pelaksanaan UNBK, dan terlebih kepada pihak SMK Negeri 2 Soe yang membantu meminjamkan ruang dan fasilitas yang digunakan para peserta didik dalam mengikuti UNBK,” katanya.

Lebih lanjut, Omarmi Liu mengatakan, terlaksananya UNBK ini juga karena adanya kerja sama yang baik antara para guru dan juga orang tua murid. Sebelum ujian, pihak sekolah dan para orang tua murid telah melakukan rapat bersama, dan dalam hasil rapat tersebut para orang tua murid sangat mendukung pelaksanaan UNBK, mulai dari tahap awal hingga pelaksanaan.

“Dalam tahap persiapan, kami memberikan pelatihan khusus terkait dengan langkah pengoperasian komputer bagi para siswa. Jadi, pelatihan tersebut dilakukan setiap hari usai jam pelajaran sekolah. Setelah mengikutsertakan para siswa untuk les komputer akhirnya para siswa juga mampu untuk mengopersikan komputer yang terlihat semenjak simulasi pertama, kedua, dan gladi bersih.

Data yang dihimpun media ini menyebutkan, jumlah peserta SMPN 3 Soe yang mengikuti UNBK tahun ini berjumlah 302, yang terbagi dalam tiga ruangan. Dua ruangan disediakan di SMPN 3 Soe, sementara satu ruangan di SMKN 2 Soe. Adapun pelaksanaan UNBK ini  dibagi dalam 3 sesi.

“Dari 302 siswa yang megikuti UNBK tidak ada kendala dalam penggunaan komputer. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kami juga ingin memperkenalkan kepada peserta didik tentang penggunaan  IT. Dengan perkembangan yang ada, mau atau tidak mau kita harus ikuti. Saya optimis, walaupun baru perdana dalam melaksanakan UNBK namun peserta didik kita bisa memperoleh nilai yang baik dan lulus 100%,” tegasnya. (Lenzo)

comments

No comments:

Post a Comment