Latest News

Friday, 28 September 2018

UPG 1945 GELAR WISUDA PERDANA BAGI 598 MAHASISWA


Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Universitas Persatuan Guru (UPG) 1945 NTT menggelar acara wisuda perdana dan Dies Natais pertama. Sebanyak 598 mahasiswa diwisudakan pada kesempatan tersebut. Acara wisuda ini digelar di Aula El Tari Kupang pada hari Jumat (28/9/2018). 

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menghadiri acara wisuda perdana tersebut. Dalam sambutannya, Gubernur NTT memotivasi dengan menantang wisudawan-wisudawati untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat. 

“Saya menantang semua sarjana untuk memulai pengabdianmu di tengah masyarakat,” kata Viktor.

Viktor berbicara mengenai berbagai persoalan yang sering dihadapi oleh masyarakat NTT. Dengan seruan ‘DUC IN AlTUM’ (bertolaklah ke tempat yang lebih dalam), Viktor mengajak orang-orang muda untuk terus menyelami ilmu. Dengan ilmu yang diperoleh tersebut, orang-orang muda mampu menggunakan kecerdasan serta jiwa militansi yang dimiliki untuk membangun NTT ini. 

Di akhir sambutannya, Viktor mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang diwisudakan pada kesempatan tersebut.  Ia berharap agar mereka mampu menjawab segala tantangan dalam pelayanan bagi masyarakat

Sementara itu, mewakili Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah VIII, Kasie Kelembagaan dan Kerjasama L2Dikti, Gunawan, memberikan penghargaan dan selamat kepada wisudawan-wisudawati yang telah diwisudakan UPG 45 NTT. 



Ia berharap agar para wisudawan  terus belajar guna menjawab tantangan perkembangan dunia yang semakin cepat. 

“Setelah diwisuda jangan berhenti belajar dan  menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu cepat. Anda dituntut untuk bekerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas agar tetap eksis dan mampu bersaing ,” harap Gunawan

Sementara itu, Ketua BPH PB PGRI NTT, Samuel Haning, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan tentang sejarah UPG 1945 NTT. Ia menjelaskan bahwa UPG saat ini dulunya dikenal dengan nama Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) NTT dan telah melalui pergolakan yang cukup panjang

Sam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rektor, para dosen, seluruh senat, PERS, dan siapa saja yang turut membantu dalam mengangkat harkat dan martabat serta eksistensi pendidikan di UPG 1945 NTT. 



 “Kita  bisa  bukan karena kekuatan sendiri namun karena banyak dukungan,” ungkap Sam.

Secara pribadi dan institusi, Sam menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undana, Prof. Fred Benu atas dukungannya terhadap UPG. Ia menjelaskan bahwa di UPG 45 banyak dosen  dan Dekan MIPA yang direkomendasikan oleh Rektor Undana yang telah bekerja sama membantu kesuksesan UPG 45. 

Sam mengucapkan selamat kepada 598 mahasiswa yang telah diwisudakan. Ia berharap agar segala ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa selalu digunakan untuk kebaikan.

“Kami melepaskan kalian semua dan akan menjadi mutiara bagi orang tua serta bangsa dan negara dan ingat pesan saya kalau kalian sudah jadi orang di tanah orang jangan lupa kampung halaman  yaitu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT,” kata Sam di akhir sambutannya. 

Rektor UPG 1945 NTT, David Selan sambutannya mengucap syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya wisuda sarjana perdana dan Diesnatalis pertama UPG 1945 NTT. Ia dengan penuh rasa bangga dan bahagia menyampaikan penghargaan dan mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi di UPG 1945 NTT.

Saudara adalah emas murni yang telah dilebur dan di tempah dengan badai yang kini telah menjadi peserta wisuda perdana UPG 1945 NTT. Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada orang tua dan keluarga wisudawan yang telah mempercayakan anak-anak terbaiknya untuk dididik menjadi sarjana dan manusia yang siap berada di tengah-tengah masyarakat,” ungkap David Selan. 

Pada kesempatan yang sama, David Selan  secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur NTT. David Selan megaku sangat bangga dan terinspirasi dengan pemimpin baru NTT, gubernur baru dan semangat baru yang telah mengangkat harkat dan martabat masyarakat NTT

“Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur NTT atas bantuannya kini kita boleh terima sebagai kampus baru dengan nam baru yaitu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT,” kata David Selan. 

David Selan juga mengucapkan terima kasih khusus kepada Menristek Dikti dan Ketua Umum PB PGRI yang telah membantu hingga proses perubahan nomenklatur UPG 1945 NTT. Ia pun mengungkpkan rasa syukur dan bangga atas keberhasian yang diperoleh UPG NTT. 

“Hari ini kita telah melaksanakan wisuda perdana. Suka, duka, sukar, sulit, dan pahit getir telah kita lewati dengan doa, air mata, dan pergumulan yang panjang selama 4 tahun dengan 19 putusan pengadilan tetapi hari ini kita berdiri di sini dengan rasa bangga atas semua perjuangan yang telah ditorehkan oleh segenap unsur organisasi yaitu Bapak Victor Bungtilu Laiskodat, PB PGRI, BPH PGRI, Ketua DKGI, rektor, dan seluruh civitas akademika UPG 1945 NTT,” jelas David. 

David Selan pada kesempatan yang sama mengajak semua lapisan masyarakat untuk tidak meragukan keberadaan UPG 1945 dan menguliahkan anak-anak mereka di UPG.

“UPG 1945 NTT hadir untuk membantu masyarakat ekonomi lemah dan tidak mampu, kualitas UPG 1945 NTT tidak perlu diragukan karena program studi yang telah diwisuda kali ini telah terakreditasi dengan grade B. Untuk itu jangan ragu untuk kuliahkan anak-anak di kampus tercinta ini,hingga saat ini masih menerima mahasiswa baru,” ajak David. (Lenzho/RZ)

comments

No comments:

Post a Comment