Latest News

Saturday, 9 June 2018

RRI - Radio Broadcaster Piala Dunia 2018 Gelar Pesta Bola, Pameran, dan Pasar Murah


Kupang, CakrawalaNTT.com - RRI di seluruh Indonesia untuk tahun ini mendapat kepercayaan dari FIFA World Cup 2018 sebagai radio broadcaster Piala Dunia 2018 di Rusia. Dengan ini, RRI Kupang akan menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia.


Hal ini dinyatakan oleh Ketua Panitia Pesta Bola Kupang 2018, Sri Kesuma K. Letik-Milu,S.Ip., Sabtu (9/6/18) di Kantor RRI Kupang.  Sri Kesuma mengungkapkan bahwa ini merupakan hal yang luar biasa bagi RRI karena mendapat kepercayaan seperti ini.


“Ini memang baru bagi kami. Kami merasa ini adalah satu kepercayaan yang luar biasa untuk RRI untuk menyiarkan Piala Dunia 2018. Untuk nonton itu sudah dipercayakan kepada pihak yang lain sedangkan RRI dipercayakan oleh PT Pesta Bola untuk melakukan siaran langsung ini,” jelas Sri Kesuma yang juga merupakan Kepala Bidang Layanan dan Pengembangam Usaha RRI Kupang.


RRI Kupang melakukan Pesta Bola yang dipadukan dengan pasar murah yang dimulai hari ini (Sabtu, 9/6/18) serta pameran yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 12 Juni 2018. Pesta Bola sendiri akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2018.


“Pesta Bola ini diadakan di seluruh Indonesia, jadi semua RRI di seluruh Indonesia melaksanakan Pesta Bola. Kami merasa ini kepercayaan yang luar biasa untuk kami dan kami membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk dapat menyaksikan pertandingan piala dunia ini. Kami merasa RRI ini bukan milik kami sendiri melainkan RRI ini milik kita bersama,” terang Sri Kesuma.


Lebih lanjut, Sri Kesuma menjelaskan bahwa menurut pengamatan RRI, peminat sepak bola di Kota Kupang begitu banyak. Oleh karena itu, RRI mengajak seluruh peminat sepak bola untuk ambil bagian dalam Pesta Bola ini. Menurutnya, Pesta Bola juga merupakan ajang hiburan bagi masyarakat di mana ada pameran-pameran kreatif rakyat.


“Kami berharap agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan yang sangat baik ini untuk dapat menyaksikan dan tentu dengan pameran dan pasar murah yang kami adakan. Kami juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk dapat berkunjung jadi lewat kesempatan ini benar-benar RRI ini menjadi rumah rakyat.  Ini merupakan hal langka dan kami bersyukur bahwa RRI diberikan kesempatan seperti ini jadi kami juga bisa mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan RRI sebagai milik mereka juga,” harap Sri Kesuma. 

Wakil Ketua Panitia Pesta Bola, Nixon Tiresa, S.Sos. menambahkan bahwa kehadiran RRI sebagai radio broadcaster Piala Dunia tahun ini, sebenarnya merupakan sebuah keuntungan bagi NTT mengingat topografi NTT yang sulit. Kehadiran RRI sebagai penyiar Piala Dunia tentu sangat membantu mereka yang berada di daerah pedalaman dan pegunungan yang tak bisa menonton Piala Dunia. Mereka dapat mendengarnya melalui siaran RRI.  Selain itu, hal ini ditujukan pula bagi kaum tunanetra sehingga melalui RRI mereka dapat mendengarkan siaran Piala Dunia 2018.

“Ini sebenarnya yang menjadi sasaran dari RRI dan seluruh RRI di Indonesia menerapkan hal ini. Ini merupakan perhatian RRI terhadap keadaan semacam ini.  Kami juga memperhatikan kaum marginal itu sehingga semua sama dalam memperoleh informasi,” terang Nixon yang juga merupakan Kepala Seksi RRI Pro 1 Kupang.


Seluruh stasiun RRI di NTT; Atambua, Ende, Kupang, Rote, dan Sumba akan menyiarkan informasi tentang Piala Dunia 2018 ini. Jadi dengan mendengar RRI, informasi seputar Piala Dunia 2018 ini dapat diperoleh masyarakat NTT.


Pameran dan Pasar Murah


Pameran dan Pasar Murah ini diadakan guna memeriahkan Pesta Bola Piala Dunia 2018. RRI berusaha agar Pesta Bola ini benar-benar meriah. Pesta ini merupakan pesta rakyat.


“Kita berusaha sedemikian sehingga yang namanya pesta agar meriah. Ini termasuk pesta Rakyat juga sehingga kita bersama-sama memeriahkannya,” kata Nixon.


Pasar murah sendiri merupakan kerja sama pihak RRI dengan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang. Hingga saat ini terdapat 22 stand pameran yang berada di halaman RRI Kupang. Jumlah stand ini tentunya akan bertambah namun akan disesuaikan dengan lokasi. Stand-stand yang ada juga menampakkan warna khas NTT. Terdapat stand tenunan dan kuliner yang semuanya produk khas NTT.


Tujuan utama dari pameran dan pasar murah yang diadakan RRI ini adalah untuk memeriahkan Piala Dunia. Selain itu, seperti yang dijelaskan oleh bahwa RRI juga melalui pameran dan pasar murah ini, turut membantu mempromosikan produk-produk lokal masyarakat NTT sehingga dapat lebih dikenal lagi oleh banyak orang.


Selain itu, dalam Pesta Bola ini, RRI akan menjual bola asli dari FIFA dan beragam souvenir asli dari FIFA terkait Piala Dunia 2018, Rusia ini. Selain bola ada juga souvenir seperti kaos yang dipesan langsung dari Jakarta. Semua souvenir dijual dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat.


Hermanus Seran Tae, Ketua Event Organiser (EO) Tera Enterprise, mengatakan bahwa Pesta Bola ini merupakan kesempatan yang baik dan tentunya menghibur masyarakat. Masyarakat yang berkunjung atau hadir dalam kegiatan ini, selain menyaksikan Piala Dunia, juga dapat menikmati pameran-pameran yang ada dan berbelanja di Pasar Murah.

Herman menjelaskan, untuk saat ini sudah ada 22 stand pameran yang terdaftar. Jumlah ini akan terus bertambah ke depannya sebelum pembukaan resmi pameran pada tanggal 12 Juni ini. Beberapa stand memang khas NTT, misalnya Jao Cafe yang menyuguhkan berbagai minuman khas Flores. Di samping itu hadir pula komunitas batu akik dan berbagai komunitas lainnya. Dalam kegiatan ini, jelas Herman, diadakan pula pembagian doorprize menarik bagi para pengunjung yang beruntung. 


Kepala RRI Kupang, Ir.Ikman Posumah, M.Si. kepada media menjelaskan bahwa Pasar Murah diadakan RRI sebagai salah satu kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka hari besar keagamaan. Kegiatan ini merupakan kerja sama RRI dengan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.


“RRI sebagai lembaga penyiaran publik dari tahun ke tahun dalam rangka hari-hari besar keagamaan seperti saat ini adalah Hari Raya Idul Fitri selalu melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan salah satunya adalah pasar murah ini. Ini merupakan kerjasama RRI dengan Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang. Selain dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok khususnya untuk umat Islam, juga sebagai salah satu untuk pengendalian harga pasar,” jelas Ikman.


Ikman juga menjelaskan bahwa Pasar Murah ini bersamaan dengan Pesta Bola yang juga diselenggarakan oleh RRI. 

“Dalam rangkaian ini, kegiatan ini berbarengan dengan Pesta Bola yang akan diselenggarakan oleh RRI pada tanggal 14 Juni sekaligus pada malam lebaran. Jadi ada pembukaan piala dunia, malam takbiran. Itulah kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, termasuk pameran bazar di kompleks RRI Kupang,” jelas Ikman. (Lenzho/Rezo)

2 comments: