Latest News

Saturday, 13 January 2018

YKKI Gelar Sosialisasi Bahaya Kanker


Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Indonesia menggelar sosialisasi mengenai bahaya penyakit kanker bagi warga RW 14, RT 35 dan RT 36, Kelurahan Sikumana, Kota Kupang pada Sabtu (13/1/2018). Acara sosialisasi yang dihadiri oleh warga ini berlangsung di Kediaman Ketua RW 14, Yohanis Pandie, S.Pi.

Mutmainnah Iora, S.Keb, pemateri dalam sosialisasi tersebut dalam penjelasannya mengenai bahaya kanker menuturkan bahwa penyakit kanker disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, baik itu yang berasal dari dalam (faktor internal) maupun yang berasal dari luar (eksternal). Pola hidup yang tidak sehat, pola makan dan minum yang tidak sehat adalah contoh faktor yang mempengaruhi timbulnya kanker pada penderita.

Mutmainnah menambahkan bahwa untuk mencegah kanker, perlu ada kesadaran untuk melakukan pemeriksaan dini. Untuk kaum wanita, pemeriksaan dini untuk kanker serviks dapat dilakukan dengan cara papsmear. Sementara untuk kanker payudara pun demikian, yakni dengan melakukan pemeriksaan dini atau sadari.

Setelah sosialisasi tersebut, Yohanis Pandie, Ketua RW 14 mengucapkan terima kasih kepada pihak YKKI yang telah memberikan penjelasan mengenai bahaya kanker bagi warganya. Dirinya menuturkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga harus terus dilaksanakan.

Pantuan media ini, sebelum acara sosialisasi tersebut berakhir, warga juga diajari mengenai cara sederhana untuk mendeteksi kanker payudara, yakni dengan melakukan Sadari. Para warga mengikuti arahan tim YKKI dengan penuh antusias. (*)
comments

No comments:

Post a Comment