Latest News

Friday, 3 November 2017

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Yustina Renggong, S.Pd - Kepala SDI Popok, Kabupaten Manggarai
Menurut Susilana dan Riyana (2008) pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan  seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran dapat melibatkan dua pihak yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Selain dua pihak tersebut, hal yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah  terjadinya proses belajar itu sendiri.
Dalam proses pembelajaran guru merupakan komponen yang sangat penting, memiliki tugas sebagai penyampai materi, fasiltator, motivator dan lain-lain. Efektif atau tidaknya suatu proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kompetensi atau kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Guru yang menerapkan strategi, metode dan media yang tepat dapat membangkitkan minat dan keaktifan siswa.

Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa dalam proses belajar di sekolah ialah pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara mencari tahu alam secara sistematis. IPA bukan hanya  sekumpulan ilmu pengetahuan berupa fakta, konsep, ataupun prinsip tetapi juga merupakan sebuah proses penemuan. Sehingga siswa diharapkan melihat IPA sebagai sebuah wahana untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, kemudian dipraktekan  dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA juga lebih menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar dapat menjelajah dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Kegiatan pembelajaran IPA wajib  mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan siswa, sehingga dapat dimanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari.
********baca selengkapnya di Majalah Cakrawala NTT Edisi 57
atau download PDF File Cakrawala NTT Edisi 57
Klik link ini untuk download: CakrawalaNTT57

comments

No comments:

Post a Comment