Latest News

Sunday, 15 October 2017

Universitas Muhammadiyah Kupang Mewisuda 452 Lulusan Program Sarjana

 
Kota Kupang, Cakrawala NTT - Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) Kembali meluluskan 452 Wisudawan/ti Program Sarjana. Upacara wisuda Program Sarjana Angkatan XXVI  Tahun  Akademik 2016/2017 berlangsung di Aula Serba Guna UMK, Sabtu (14/10/2017). Upacara wisuda tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Unmuh Kupang, Prof. Dr. H. Sandi Maryanto, M.Pd. dan dihadiri pula oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.


Gubernur NTT,  Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa perguruan tinggi merupakan pusat budaya. Di dalamnya meliputi Budaya demokrasi, kebhinekaan, dan ideologi. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu untuk ditingkatkan. Kita tidak sekedar mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi karakter menjadi lebih penting. Mahasiswa merupakan orang yang cerdas serta  berkarakter yang bisa menjaga budaya bangsa ini.
Lebu Raya juga mengucapkan  terima kasih serta profisiat  kepada para orang tua yang  telah berupaya untuk menyekolahkan anak-anak  hingga meraih gelar sarjana, dan tentunya para orang tua mempunyai harapan dari anak-anak yang telah diwisudakan pada hari ini.
“Untuk para wisudawan, selamat datang di Universitas baru yang namanya Universitas Nusa Tenggara Timur. Tentunya hari ini merupakan akhir dari perjuangan selama di dunia kampus namun awal bagi adik-adik mengabdi dengan masyrakat di Bumi Nusa Tenggara Timur. Maka itu diharapkan kepada wisudawan agar dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di Kampus kepada masyarakat dengan baik,” kata Lebu raya.


Lanjut Lebu Raya, Ilmu pengetahuan dan teknologi yang kalian dapatkan di sini akan diuji di masyarakat. Kalian akan mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik dari sekarang asalkan anda tidak berhenti belajar. Belajar tidak selamanya membaca buku, tetapi belajar untuk  berkomunikasi dengan banyak orang, berkomunikai dengan masalah serta  berkomunikasi dengan peluang. Peluang  ini akan dihadapi dengan suatu tantangan yang perlu untuk dilewati.
Leburaya juga menegaskan bahwa masa depan itu milik orang pemberani  bukan milik orang pengecut. Ia mengajak para wisudawan untuk berani menghasilkan gagasan yang brilian serta berani mengambil resiko.
Rektor UMK, Prof. Dr. H. Sandi Maryanto, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kepada yang Maha Kuasa atas upacara Wisuda UMK XXVI.  Ia juga mengucapkan terima kasih kepada wisudawan/ti dan para orang tua serta  Gubernur NTT yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara wisuda ini. 


“Wisudawan/ti program sarjana UMK pada tahun ini sebanyak 452 orang yang berasal dari Lima Fakultas yang terbagi dalam Sebelas program studi. Dengan demikian jumlah output dari UMK hingga saat ini sebanyak 8.745 orang. Mulai tahun akademik 2016/2017 UMK juga telah memperoleh izin operasional pembukaan 5 Prodi baru yakni PGSD, Matematika, Sosiologi, Ilmu hukum, dan Ilmu Politik. Sekarang UMK telah menyelenggarakan 16 Prodi Program strata Satu (S1) dengan tambahan Fakultas Hukum maka sekarang menjadi enam Fakultas di UMK,” terang Sandi.
Berbicara mengenai Perkembangan IPTEK  yang telah mengalami perkembangan dengan semakin cepat serta canggih maka mutu pendidikan tinggipun tidaklah stagnan, untuk mengikuti standar yang semakin tinggi. Sandi menyatakan, UMK juga selalu siap untuk menghadapi perkembangan karena mutu selalu bergerak secara continue sesuai dengan perkembangan IPTEK. UMK ke depan juga akan semakin mempertajam tiga sasaran strategis yaitu: Daya Saing (Competitiveness), Kemandirian(Autonomy), Kesehatan Lembaga(Institution Health).


Terkait dengan menjaga Kualitas Perguruan Tinggi yang  sehat (tidak bermasalah) UMK merealisasikan Visi dan Misinya yaitu: dengan membekali dan mengembangkan kemampuan dan ketaatan beragama, ilmu pengetahuan, Keterampilan Intellektual, praktis dan manajerial, sikap dan kepekaan serta kecintaan nilai-nilai kehidupan masyarakat, yakni (1) memiliki jiwa keagamaan yang kokoh (2) memiliki akhlak dan tingkah laku yang baik (3) berilmu (4) memiliki kecemerlangan dalam membangun dimensi muammalah (5) Akhuah Islamiah (6) selalu bersyukur kepada Allah.
“Dengan tekun belajar maka saudara-saudara telah berhasil meraih gelar sarjana di UMK namun di balik kesarjanaan saudara-saudara masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Ilmu yang telah diperoleh di kampus perlu untuk diasah secara terus-menerus dan tetap belajar sepanjang hayat,” pesan Sandi di hadapan wisudawan/ti  dan para orang tua/wali.


Sandi juga meminta kepada semua wisudawan agar menjaga nama baik Almamater UMK dengan perilaku yang positif, memiliki kompetensi kecerdasan spiritual, intelektual serta emosional yang terintegrasi.
Di akhir kata sambutannya, Sandi mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua orang tua dan wali yang telah mempercayakan anak-anak mereka untuk dididik di UMK. (Lenzho/RZ)




comments

No comments:

Post a Comment