Latest News

Tuesday, 25 July 2017

Sambut Tahun Ajaran baru, SMPN 4 Kupang Gelar IHT


Kota Kupang, Cakrawala NTT – Tahun ajaran baru 2017/2018 baru saja dimulai. Sebagai langkah awal mengarungi perjalanan sepanjang tahun pelajaran ini, SMP Negeri 4 Kupang menggelar kegiatan In The House Training (IHT) dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, dimulai Senin (24/7/2017) hingga Kamis (27/7/2017) dan diikuti oleh kepala sekolah dan semua guru mata pelajaran yang ada di lingkup SMPN 4 Kupang.

Ketua Koordinator Pendidikan Tingkat TK, SD dan SMP se-Kota Kupang, Oktovianus Naitboho, S.Pd, M.Si., menjadi narasumber pada hari pertama kegiatan tersebut. Kepada Cakrawala NTT, Naitboho yang juga berperan sebagai Penilik Sekolah mengatakan, IHT MGMP ini bertujuan memotivasi guru guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebgai guru profesional pada tahun pelajaran 2017/2018.

Kegiatan IHT MGMP ini, lanjut Naitboho, menjadi momentum bagi guru berbagi informasi dengan sesama teman guru dalam semua mata pelajaran sehubungan dengan penguasaan terhadap substansi materi dan model-model pembelajaran yang berbasis Paikem, peningkatan pembelajaran, penilaian, terutama pendekatan pembelajaran yang berbasis ilmiah (scientific approach) sesuai tuntutan kurikulum 2013. Lebih dari itu guru bisa memperoleh gambaran bagaimana mengimplementasikan model-model pembelajaran tersebut sehingga dapat mengatasi berbagai persoalan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Naitboho berharap setelah kegiatan ini ada sinkronisasi dan kesatuan langkah antara pengawas yang merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk membina, membimbing dan mengarahkan guru dan kepala sekolah baik dari aspek manajerial, akademik, dengan para guru yang menjadi ujung tombak kegiatan pembelajaran di kelas sehingga penyelenggaraan di tingkat satuan pendidikan dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Ia juga menyarankan semua sekolah tingkat SMP se-Kota Kupang agar melakukan persiapan dalam menyambut tahun ajaran baru di tahun 2017/2018 yang meliputi persiapan perangkat pembelajaran yakni program tahunan, program semester, silabus, RPP, serta penilaian dan pengayaan.

Maria Bernadeta Klautaek, S.Pd, salah seorang guru di SMP N 4 Kupang yang juga peserta dalam kegiatan IHT MGMP mengungkapkan rasa terima kasihnya karena bisa mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. "Saya berterimakasih kepada narasumber karena telah membina kami bagaimana mengimplementasikan serta menerapkan metode yang baik dan benar kepada anak didik agar kami sebagai guru juga memahami kurikulum dan berjalan sesuai tuntutan kurikulum,” tuturnya. Ia berharap ke depannya juga selalu dibekali dengan kegiatan semacam ini demi menunjang serta meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi. (Lenzho)
comments

No comments:

Post a Comment