Latest News

Friday, 23 June 2017

Para Kepala Sekolah Diminta Kreatif dan Inovatif


Kota Kupang, Cakrawala NTT - Pemerintah Kota Kupang, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah Tingkat SD/MI di Hotel Neo Aston Kupang, sejak Senin (19/6) hingga Rabu (21/6). Rapat tersebut bertujuan meningkatkan mutu managemen para kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kupang. Untuk itu, para kepala sekolah diminta kreatif dan inovatif dalam mengembangkan berbagai program pendidikan dan pengajaran.

Ketua Panitia Rakor, Lugardis B. Koten, S.Pd kepada Cakrawala NTT mengatakan, rakor ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkankan mutu kepala sekolah dalam memahami dan melaksanakan tugas dan fungsi manajerial pada tingkat satuan pendidikan.
Ia secara spesifik meminta kepada para kepala sekolah agar membuat program pengembangan minat dan bakat para siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti OSN, O2SN, paduan suara, seni tari, musik, lomba bercerita dan lainnya. “Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan semacam ini, para siswa menjadi lebih percaya diri dalam pembelajaran,” ujarnya.

Koten melanjutkan, hasil dari rakor ini diharapkan memperkuat pemahaman tentang konsep dan karatersitik program dan kegiatan pendidikan di tingkat SD/MI dan mulai menerapkannya di sekolah. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, semua kepala sekolah menerapkan apa yang sudah dibahas bersama dan menjadi tolak ukur bagi Kepala Sekolah itu sendiri tentang kinerja yang ia capai,” ungkapnya.

Lugardis B. Koten, S.Pd (Kedua dari kanan)
Selain itu, ia juga berpesan kepada semua kepala sekolah agar bisa menjadi panutan semua pihak, yaitu guru, pegawai, siswa-siswi, dan masyarakat umum. “Karena di pundak Bapak dan Ibu Kepala Sekolah lah kemajuan pendidikan kita diletakan,” lanjut Kotena.
Pada kesempatan itu, hadir Plt Dinas PPO Kota Kupang, Filmon Lulupoi, S.Pd.,M.M. Dalam sambutan menutup rakor tersebut, ia mengapresiasi kinerja kepala sekolah yang menjalankan tugasnya sesuai tupoksinya. Ia juga menegaskan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, namun lebih dari itu, guru adalah pahlawan insan cendekia dalam tugas dan karyanya memanage satuan pendidikan.

Dari 137 SD/MI yang ada di Kota Kupang, sebanyak 126 kepala sekolah hadir dalam rakor tersebut, sisanya berhalangan. (Lenzho)
comments

No comments:

Post a Comment